Duwel Rawing Tekankan Pentingnya Pendidikan Pancasila bagi Anak-Anak

Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing (ist)

, Pancasila memiliki peran penting dalam membentuk generasi penerus bangsa yang memahami hak dan kewajibannya sebagai warga negara.

Untuk itu, Anggota Komisi III Kalimantan Tengah (), Duwel Rawing menekankan, pentingnya pengajaran Pancasila sejak usia dini, baik oleh pendidik maupun orang tua di rumah.

“Pancasila sebagai dasar negara harus menjadi sumber bagi segala tindakan penyelenggara negara dan jiwa dari perundang-undangan yang berlaku,” ucapnya di Palangka Raya, Selasa (11/6/2024).

Duwel menjelaskan, bahwa pendidikan Pancasila adalah sarana untuk mengerti, memahami, dan mendalami makna Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia.

Menurutnya, dengan memperkenalkan Pancasila sejak dini, generasi muda dapat menumbuhkan kecintaan dan rasa nasionalisme terhadap negara.

“Penting bagi masyarakat untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan bermasyarakat. Pancasila mengajarkan kita cara bergaul, berdaulat, dan menerima perbedaan pendapat,” ungkap Duwel.

Politisi dari ini menekankan, bahwa pendidikan Pancasila bagi generasi muda adalah kunci agar mereka memahami tanggung jawab serta menerapkan nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, dan kerakyatan.

“Dengan begitu, pendidikan Pancasila tidak hanya membentuk karakter individu yang baik, tetapi juga membangun masyarakat yang harmonis dan bersatu,” pungkasnya. (asp)