Perusahaan Besar Swasta Harus Berdayakan Masyarakat Lokal

Ketua Komisi II DPRD Kalimantan Tengah, Achmad Rasyid

, – Ketua Komisi II Kalimantan Tengah (), menekankan pentingnya peran perusahaan besar swasta () dalam memberdayakan masyarakat lokal di wilayah Kalteng.

Dia mengatakan, bahwa perusahaan yang melakukan investasinya di Bumi Tambun Bungai diharapkan agar dapat memberdayakan masyarakat lokal, terkhusus masyarakatnya yang ada disekitar perusahaan.

“PBS yang beroperasi di Kalteng harus mampu memberdayakan dan memberikan hak masyarakat lokal, terutama yang berada di sekitar perusahaan,” ucap Achmad Rasyid, Selasa (11/6/2024).

Lebih lanjut, politisi dari Partai ini juga menekankan, bahwa langkah ini sangat penting untuk menciptakan suasana kondusif serta yang sehat di Bumi Tambun Bungai.

Menurutnya, konflik sering kali timbul akibat perbedaan kepentingan dan kebijakan, terutama jika masyarakat lokal tidak diperhatikan.

“Dalam pengelolaan sumber daya alam (SDA), ada tiga kepentingan yang harus diselaraskan, yaitu kepentingan pemerintah, pengusaha atau investor, dan masyarakat lokal di sekitar perusahaan,” jelas Rasyid.

Oleh karena itu, dia mengharapkan agar perusahaan harus benar-benar memperhatikan peraturan perundang-undangan dan berkomitmen dalam memberikan hak serta memberdayakan masyarakat lokal.

“Dengan menyelaraskan ketiga kepentingan ini, diharapkan dapat tercipta iklim investasi yang sehat dan harmonis di Kalimantan Tengah, sehingga kesejahteraan masyarakat lokal pun dapat meningkat,” tandasnya. (asp)