LPKA Gelar Survey Perilaku Hidup Bersih dan Sehat bagi Anak Binaan

Petugas LPKA Palangka Raya ketika melakukan wawancara terkait PHBS kepada anak binaan.

, – Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Palangka Raya melaksanakan kegiatan survei terkait Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) bagi para anak binaan yang berada di .

Kegiatan ini bertujuan untuk mengukur tingkat pemahaman dan penerapan PHBS di kalangan anak binaan serta untuk merancang program pembinaan yang lebih efektif dalam meningkatkan dan perilaku , Rabu, (12/6/2024).

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya LPKA Kelas II Palangka Raya untuk meningkatkan kesadaran dan penerapan sehat di kalangan anak binaan, serta untuk memantau kondisi kebersihan dan kesehatan mereka secara rutin dengan mengelar survei sesuai dengan tindak lanjut surat Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi nomor PAS.6-PK.06.01-670 tanggal 03 Juni 2024 tentang Survey Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) di Rutan, dan LPKA.

Kepala LPKA Kelas II Palangka Raya, Ngadi, menyampaikan bahwa gelaran survey ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana anak binaan memahami dan menerapkan prinsip-prinsip PHBS dalam kehidupan sehari-hari.

“Kami ingin memastikan bahwa anak binaan di lingkungan LPKA Kelas II Palangka Raya tidak hanya mendapatkan pembinaan karakter dan keterampilan, tetapi juga memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan diri,” sampainya.

Petugas survey dalam kegiatan ini merupakan Kasubsi Perawatan dan JFT Perawat Mahir LPKA Kelas II Palangka Raya. Kegiatan diawali dengan wawancara terhadap responden, dilanjutkan dengan pengukuran lingkar perut, berat badan dan tinggi badan.

Survey PHBS dilakukan dengan mengedarkan kuesioner yang mencakup berbagai aspek kesehatan dan perilaku hidup sehat, seperti kebiasaan mencuci tangan, menjaga kebersihan lingkungan, , dan aktivitas fisik. Selain kuesioner, petugas kesehatan LPKA juga melakukan wawancara langsung dan observasi terhadap kebiasaan sehari-hari anak binaan selama menjalankan masa pembinaan di LPKA.

LPKA Kelas II Palangka Raya selalu berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pembinaan dan pengawasan kesehatan kepada seluruh anak binaan. Dengan adanya survey dan kegiatan edukasi lanjutan, diharapkan anak binaan dapat tumbuh menjadi individu yang lebih sehat dan sadar akan pentingnya menjaga kebersihan serta kesehatan diri. (yud)