Tim Zona Integritas LPKA Laksanakan Kegiatan Studi Tiru ke Rutan Yogyakarta

Tim LPKA Palangka Raya ketika berfoto dalam kegiatan studi tiru.

, – Tim Zona Integritas Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Palangka Raya menggelar kegiatan studi tiru ZI pada LPKA Kelas I Kutoarjo dan Rutan Kelas II A Yogyakarta.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat komitmen dan strategi LPKA Kelas II Palangka Raya dalam membangun serta mengimplementasikan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Sabtu, (22/6/2024).

Selama kegiatan studi tiru, tim ZI LPKA Kelas II Palangka Raya mendapat kesempatan untuk mengamati dan mempelajari berbagai praktik lapangan terbaik yang telah berhasil diterapkan di LPKA Kelas I Kutoarjo dan Rutan Kelas II A Yogyakarta yang dengan terbuka menyambut hangat tim rombongan .

Beberapa aspek penting yang menjadi fokus dalam studi tiru ini meliputi manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Kepala LPKA Kelas II Palangka Raya (Ngadi) mengungkapkan, kegiatan studi tiru digelar sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan dalam menerapkan prinsip-prinsip Zona Integritas di LPKA Kelas II Palangka Raya.

“Dengan belajar bersama pihak LPKA Kelas I Kutoarjo dan Rutan Kelas II A Yogyakarta, kami berharap dapat mempercepat proses pembangunan ZI di LPKA sehingga mampu memberikan pelayanan yang lebih baik dan bebas dari praktik ,” ucapnya.

Salah satu kegiatan yang diikuti oleh tim Zona Integritas LPKA Palangka Raya adalah kunjungan pada LPKA Kelas I Kutoarjo yang telah sukses mendapatkan predikat WBK/WBBM.

Di sana, tim LPKA disambut hangat oleh tim ZI LPKA Kelas I Kutoarjo, yang menjelaskan berbagai inisiatif dan inovasi yang telah diterapkan untuk mencapai predikat tersebut.

Selain itu, tim LPKA Kelas II Palangka Raya juga melakukan diskusi mendalam dan tanya jawab dengan para petugas dan pegawai untuk memahami lebih lanjut tantangan dan solusi terbaik dalam studi lapangan tersebut.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan studi tiru ini, LPKA Kelas II Palangka Raya berencana untuk mengimplementasikan beberapa praktik terbaik yang telah dipelajari, serta menyesuaikannya dengan kondisi dan kebutuhan di lingkungan LPKA Kelas II Palangka Raya.

“Kami akan selalu berkomitmen untuk terus berinovasi dan memperbaiki diri demi mewujudkan LPKA Kelas II Palangka Raya yang bersih, transparan, dan akuntabel,” tambah Ngadi.

Diharapkan dengan adanya kegiatan studi tiru ini, LPKA Kelas II Palangka Raya akan dapat semakin matang dalam membangun dan mengimplementasikan Zona Integritas, sehingga mampu menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pembinaan anak binaan yang berada di dalam LPKA, serta memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. (yud)