Buka O2SN Tingkat Kalteng 2024, Wagub Pesan Siswa Terus Kembangkan Bakat

, PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur (Wagub) , membuka Olimpiade Siswa Nasional () Jenjang SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA Tahun 2024, di Lapangan Minisoccer AZ Palangka Raya, Jumat (28/6/2024) malam.

Di dalam sambutannya, Wagub Kalteng mengatakan, bahwa O2SN menjadi momentum ajang aktualisasi diri sekaligus mencapai prestasi diri bagi para pelajar.

“Banyak hal positif yang bisa didapatkan melalui kegiatan ini, antara lain membangun keberanian, rasa tanggung jawab, jiwa kolaborasi, pantang menyerah dan kemandirian sebagai nilai-nilai yang diinternalisasikan kepada para peserta,” ujarnya.

Wagub menyebut, dalam kompetisi bukan hanya semangat untuk menang dan mencapai prestasi diri saja yang harus dikembangkan, tetapi juga harus membangun kecintaan kepada instansi, daerah atau negara yang kita bela.

“Perlu dipahami bahwa perjuangan pada O2SN ini bukan hanya untuk pencapaian pribadi, tetapi sebagai perwakilan Kabupaten/Kota. Begitupun nanti bagi yang lolos dan bertanding di O2SN tingkat Nasional, akan membawa spirit untuk mengharumkan nama Provinsi Kalimantan Tengah melalui jalur prestasi olahraga,” imbuhnya.

“Saya berpesan kepada para peserta untuk terus mengembangkan bakat dan potensinya dalam bidang apapun,” pungkasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Provinsi Kalteng, M. Reza Prabowo dalam laporannya menyebutkan, ada delapan cabang olahraga yang dilombakan pada O2SN tahun ini, yakni Atletik, Bulu Tangkis, Karate, , Renang, Senam, Volly, dan Mini Soccer.

“Dengan total peserta (Atlet dan Pelatih) dari jenjang SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA berjumlah 1165 orang, dan total hadiah sebesar Rp350.000.000. Pemenang dari kegiatan khususnya juara 1 akan berangkat untuk bertanding pada olimpiade tingkat Nasional bulan Agustus 2024 mendatang,” tandasnya. (asp)