AFP Kalteng Siap Gelar Liga Futsal Nusantara Babak 36 Nasional

, – Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Kalimantan Tengah (Kalteng) tengah melakukan persiapan intensif menjelang penyelenggaraan Liga Futsal Nusantara babak 36 Nasional yang akan digelar di Palangka Raya.

Penunjukan Kalteng sebagai tuan rumah kompetisi futsal skala nasional ini merupakan pencapaian bersejarah, mengingat selama ini Kalteng belum pernah menjadi tuan rumah kompetisi futsal nasional.

Di bawah kepemimpinan Ketua AFP Kalteng, , upaya untuk membangkitkan futsal di Kalteng telah dijalankan dengan sangat baik.

Setelah mendapatkan Surat Keputusan (SK) pada Februari 2024, Sutoyo dan jajaran pengurus langsung bergerak cepat. Mereka telah menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kualitas futsal di daerah tersebut.

Dalam tiga bulan terakhir, AFP Kalteng telah berhasil menggelar kursus wasit futsal level II pada bulan April, kursus pelatih futsal nasional pada bulan Mei, serta Liga Nusantara Provinsi Kalteng. Pada bulan Juli 2024, Kalteng akan menjadi tuan rumah Liga Futsal Nusantara babak 36 Nasional.

“Ini berkat dukungan semua pecinta futsal yang membantu membangkitkan kembali olahraga ini. Kami berkomitmen untuk meningkatkan SDM dan kompetisi usia dini, baik di Kalteng maupun di tingkat nasional, termasuk persiapan menghadapi dan menuju PON 2028. Walaupun memerlukan waktu, kami optimis dapat menjalankannya dengan baik,” ujar Sutoyo usai rapat koordinasi kesiapan LFN di kantornya, Jumat (28/6/2024).

Sutoyo yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kalteng, menyatakan bahwa kegiatan ini didukung penuh oleh , Wakil Gubernur, Pemerintah Provinsi Kalteng, serta KONI Kalteng.

Dukungan ini memungkinkan berbagai kegiatan futsal di Kalteng dapat dilaksanakan dengan baik.

“Kami terus berkoordinasi dengan , KONI Kalteng, dan pecinta futsal untuk menjalankan berbagai program. Dukungan dari Gubernur, Wakil Gubernur, Sekda Kalteng, dan seluruh OPD sangat membantu dalam meningkatkan olahraga futsal di daerah ini,” tegas Sutoyo.

Sutoyo juga berharap agar semua pihak, termasuk orang tua, guru, dan pengusaha di Kalteng, turut berperan serta dalam mensosialisasikan pentingnya berolahraga, khususnya futsal. Dengan demikian, anak-anak Kalteng dapat mengisi waktu mereka dengan kegiatan positif dan mengurangi ketergantungan pada gadget atau permainan yang tidak produktif.

Terkait persiapan, AFP Kalteng telah melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian, pemerintah provinsi, KONI Kalteng, Federasi Futsal Indonesia (FFI), serta peserta dan panitia pusat. Mereka juga telah merapikan lapangan dan fasilitas lainnya.

“Mohon doa dari seluruh masyarakat Kalteng dan AFK Kabupaten/Kota. Semoga dengan menjadi tuan rumah kompetisi futsal nasional ini, Kalteng dapat lebih maju dalam bidang olahraga, terutama futsal, dan memberikan dampak positif bagi anak-anak kita,” jelasnya.

Kompetisi Liga Futsal Nusantara babak 36 Nasional akan dilaksanakan di GOR Indoor, km 5, Palangka Raya, dari tanggal 5 hingga 12 Juli. Acara ini akan digelar setiap hari mulai pagi hingga sore dan dapat diikuti tanpa dipungut biaya alias gratis. (asp)