Pemprov Kalteng Gelar Rakordalev, Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan

, – Wakil (Wagub) Kalimantan Tengah (), Edy Pratowo, membuka kegiatan Rapat Koordinasi Pengendalian dan Evaluasi (Rakordalev), di Aula Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan () setempat, Kamis (4/7/2024).

Dalam sambutannya, Edy Pratowo menyampaikan bahwa Rakordalev ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi Kalteng Semester I Tahun 2024.

Evaluasi ini, menurutnya, adalah langkah penting untuk memastikan ketercapaian target pembangunan yang telah direncanakan.

“Rakordalev ini diselenggarakan untuk mengevaluasi RKPD Provinsi Kalteng Semester I Tahun 2024. Setiap kabupaten/kota juga diharapkan mengevaluasi RKPD masing-masing. Hasil evaluasi ini nantinya akan menjadi masukan berharga untuk rencana pembangunan tahun 2026,” ujar Edy.

Ia menegaskan bahwa pengendalian dan evaluasi terhadap pelaksanaan rencana pembangunan adalah proses krusial. Hal ini untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan pembangunan daerah sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan dalam RPJPD, RPJMD, dan RKPD.

“Kita perlu melihat apakah program dan kegiatan yang direncanakan dalam RKPD Tahun 2024 sudah terlaksana dan apakah sudah sesuai dengan target yang ditetapkan,” lanjutnya.

Edy menjelaskan, bahwa RPJMD Provinsi Kalteng 2021-2026 dan RKPD 2024 merupakan pedoman penting bagi pembangunan Kalteng.

Dokumen-dokumen tersebut, memuat arah kebijakan, tujuan, dan sasaran pembangunan yang ingin dicapai dengan fokus pada , , , serta perekonomian secara luas.

“RPJMD dan RKPD memberikan panduan bagi pembangunan Kalteng, dengan fokus pada bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan ekonomi secara luas,” tambahnya.

Dengan kegiatan Rakordalev ini, diharapkan seluruh pemangku kepentingan dapat bekerja lebih efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pembangunan, serta memastikan kesejahteraan masyarakat Kalteng terus meningkat. (asp)