Henry M. Yoseph: Potensi Wisata Kalteng Harus Dioptimalkan

Anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Henry M. Yoseph

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA– Anggota Komisi IV Kalimantan Tengah (), Henry M. Yoseph, menyatakan bahwa sektor pariwisata memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya, potensi besar yang dimiliki oleh Kalimantan Tengah dalam hal kekayaan alam, budaya, dan bisa menjadi salah satu pilar utama dalam pengembangan ekonomi daerah.

“Pariwisata memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan suatu daerah. Dengan kekayaan alam, budaya, dan potensi wisata yang dimiliki oleh Kalimantan Tengah, sektor pariwisata memiliki peluang besar untuk menjadi salah satu pilar utama dalam pengembangan ekonomi daerah,” ujar Henry, Rabu (10/7/2024).

Politisi Partai ini menambahkan, bahwa dengan memanfaatkan potensi pariwisata secara optimal, daerah ini dapat menarik wisatawan, menciptakan lapangan kerja baru, serta mendiversifikasi sumber pendapatan masyarakat.

Potensi pariwisata tidak hanya terbatas pada aspek ekonomi, tetapi juga memiliki dampak positif dalam mempromosikan budaya lokal, melestarikan warisan , serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan.

“Dengan mengembangkan pariwisata secara berkelanjutan, daerah dapat memperkuat identitas lokal, meningkatkan rasa bangga masyarakat terhadap warisan budaya, serta menciptakan hubungan yang harmonis antara manusia dan alam,” jelasnya.

Kalteng sambung Henry, dengan keindahan alam, keanekaragaman hayati, dan kekayaan budaya yang melimpah, memiliki potensi besar untuk mengembangkan sektor pariwisata.

“Dengan memperkuat pariwisata, meningkatkan kualitas layanan, serta mempromosikan destinasi wisata yang dan menarik, daerah ini dapat menjadi tujuan wisata yang diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara,” imbuhnya.

Henry M. Yoseph juga menekankan bahwa dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, pelaku industri pariwisata, komunitas lokal, dan masyarakat, sangat penting untuk pengembangan sektor pariwisata.

“Dengan dukungan tersebut, pariwisata dapat menjadi motor penggerak ekonomi, menciptakan lapangan kerja, serta mengangkat citra daerah sebagai destinasi wisata yang menarik,” tandasnya. (asp)