Dewan Pers Gelar Workshop Peliputan Pilkada 2024 di Kalteng

, – Dewan mengadakan workshop Peliputan Pemilihan Kepala Daerah () 2024 untuk meningkatkan kualitas teknik peliputan media selama pesta demokrasi berlangsung di Kalimantan Tengah ().

Kegiatan ini diadakan di Kota Palangka Raya pada Kamis (11/7/2024), yang dihadiri oleh ahli pers di Kalteng, kantor berita penyiaran publik, serta perwakilan media cetak, elektronik dan online di Palangka Raya.

Workshop ini melibatkan berbagai pihak, termasuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng, Badan Pengawas Pemilu () Kalteng, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah () Kalteng, serta praktisi pers yang bertindak sebagai narasumber.

Anggota , Totok Suryanto, menyatakan bahwa pers merupakan salah satu unsur yang berperan penting dalam menyukseskan pelaksanaan pesta demokrasi 2024.

“Workshop ini dimaksudkan untuk mengingatkan kembali peran media sebagai pengawal demokrasi,” ujar Totok.

Totok menekankan pentingnya peran pers dalam melakukan edukasi melalui informasi yang proporsional mengenai pilkada, sehingga masyarakat dapat diajak untuk berpartisipasi aktif dalam mengawasi tahapan pesta demokrasi.

“Interaksi masyarakat dalam pemberitaan Pemilu dan Pilkada oleh pers akan sangat membantu untuk melihat parameter tingkat kesuksesan persiapan pilkada,” jelasnya.

Ia berharap pers dapat menyampaikan berita terkait pemilu dan pilkada dengan mengedepankan prinsip-prinsip jurnalistik, agar tidak menimbulkan kegaduhan atau masalah lainnya.

“Satu-satunya yang dimiliki pers adalah integritas, dan itu harus hadir di tengah publik,” tandas Totok. (asp)