UKM Kalteng Harus Perkuat Branding untuk Bersaing

Ketua Komisi II DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Achmad Rasyid

, – Ketua Komisi II Kalimantan Tengah (), , menekankan pentingnya memperkuat branding dan promosi produk untuk meningkatkan daya saing dan eksistensi Usaha Kecil Menengah (UKM) di pasar.

Menurut Rasyid, langkah ini sangat strategis dalam memperkenalkan produk UKM kepada masyarakat luas, menciptakan citra positif, serta meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang dihasilkan.

“Branding dan promosi produk memiliki peran yang sangat penting dalam memperkenalkan produk UKM kepada masyarakat luas, menciptakan citra positif, serta meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang dihasilkan,” ujarnya, Kamis (11/7/2024).

Legislator dari ini menambahkan, bahwa dengan memperkuat branding, UKM dapat membedakan dirinya dari pesaing, menarik perhatian pasar, dan membangun loyalitas konsumen yang kuat.

Branding yang efektif memungkinkan UKM untuk memiliki identitas yang dan mudah dikenali, yang pada gilirannya akan meningkatkan daya tarik dan nilai tambah produk mereka.

“Branding yang kuat memungkinkan UKM untuk membedakan dirinya dari pesaing, menarik perhatian pasar, dan membangun loyalitas konsumen yang kuat,” tambah Rasyid.

Di tengah persaingan pasar yang semakin ketat, UKM yang memiliki branding yang kuat akan memiliki keunggulan signifikan. Hal ini tidak hanya berdampak pada peningkatan penjualan dan pangsa pasar, tetapi juga pada reputasi dan citra UKM sebagai produsen produk berkualitas dan bernilai tambah.

Rasyid juga menyoroti pentingnya promosi produk sebagai kunci dalam memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan kesadaran (awareness) terhadap produk UKM.

“Promosi produk juga menjadi kunci dalam memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan awareness terhadap produk UKM,” lanjutnya.

Dengan strategi promosi yang tepat, UKM dapat menjangkau target pasar yang lebih luas, memperkenalkan keunggulan produknya, serta meningkatkan minat konsumen untuk mencoba dan membeli produk tersebut.

“Melalui strategi promosi yang tepat, UKM dapat menjangkau target pasar yang lebih luas, memperkenalkan keunggulan produknya, serta meningkatkan minat konsumen untuk mencoba dan membeli produk tersebut,” imbuh Rasyid. (asp)