Kalteng Miliki 20 Koperasi Modern

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskopukm) Provinsi Kalteng, Hj. Norhani

, – Kepala , Usaha Kecil dan Menengah (Diskopukm) Provinsi Kalimantan Tengah (), Hj. Norhani, mengatakan bahwa hingga Juni 2024, Kalteng telah memiliki 20 modern.

Hal tersebut disampaikan Norhani setelah mengikuti peringatan Hari Koperasi (Harkopnas) ke-77 yang diadakan di halaman Kantor Diskopukm, Kalteng Jumat (12/7/2024) pagi.

Norhani menyampaikan, bahwa peringatan Hari Koperasi Nasional ini menjadi momentum penting untuk memberikan apresiasi kepada koperasi-koperasi yang berprestasi. Menurutnya, perkembangan koperasi di Kalteng menunjukkan tren yang semakin baik dan terus mengalami kemajuan.

“Melalui momentum Hari Koperasi Nasional ini, kita juga memberikan apresiasi kepada koperasi-koperasi yang berprestasi,” ujar Norhani.

Norhani menjelaskan, bahwa apresiasi diberikan kepada koperasi yang memenuhi empat kriteria, yaitu koperasi produsen, koperasi konsumen, koperasi simpan pinjam, dan koperasi jasa.

Dia berharap koperasi-koperasi modern ini akan terus berkembang dan berkontribusi positif bagi perekonomian daerah.

“Kami berharap agar koperasi modern ini akan terus berkembang. Selain itu, dalam kegiatan ini juga diadakan pameran UKM yang memiliki koperasi. Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi koperasi-koperasi yang telah berpartisipasi,” tambahnya.

Norhani juga menekankan pentingnya peran koperasi dalam mendukung pertumbuhan usaha kecil dan menengah di Kalteng. Menurutnya, koperasi modern mampu memberikan solusi bagi para pelaku usaha dalam mengakses modal, meningkatkan daya saing, dan memperluas jaringan .

“Perkembangan koperasi yang baik akan berdampak positif pada perekonomian daerah, terutama dalam mendukung usaha kecil dan menengah,” pungkasnya.

Kegiatan peringatan Harkopnas ke-77 ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk anggota koperasi, pelaku UKM, dan masyarakat umum. Acara ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam mendukung gerakan koperasi di Kalteng. (asp)