DPRD Minta Pemko Antisipasi Pertumbuhan Penduduk yang Pesat

Wakil Ketua I DPRD kota Palangka Raya, Wahid Yusuf

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Wakil Ketua I kota Palangka Raya, Wahid Yusuf meminta pemerintah kota untuk bisa mengendalikan pertumbuhan penduduk karena dikhawatirkan laju pertumbuhan yang tinggi dapat menimbulkan berbagai masalah.

“Pertumbuhan penduduk memang memiliki dampak signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk kesejahteraan,” ucapnya, Rabu (31/7/2024).

Tingginya jumlah penduduk bisa menekan sumber daya yang ada, sehingga sulit untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Pertumbuhan penduduk yang bisa melebihi kapasitas yang ada, seperti jalan, , dan layanan ,” tambahnya.

Selain itu, sistem mungkin tidak mampu mengakomodasi peningkatan jumlah siswa, yang dapat berdampak pada kualitas pendidikan.

“Layanan kesehatan bisa kewalahan menghadapi permintaan yang tinggi, yang berdampak pada kualitas pelayanan, maka dari itu untuk mengatasi hal ini, pemerintah kota bisa mengambil langkah, menerapkan kebijakan perencanaan ,” lanjutnya.

Meningkatkan akses dan kualitas pendidikan dan layanan kesehatan, mengembangkan infrastruktur secara berkelanjutan, mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Melalui upaya-upaya tersebut diharapkan dapat membantu mengendalikan pertumbuhan penduduk dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan,” ungkapnya. (udi)