Peran Inovasi dan Teknologi dalam Meningkatkan Daya Saing Udang Vaname di Pasar Internasional

Plt Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kalteng, Rangga Lesmana

, – Plt Kepala dan Perindustrian (Disdagperin) , Rangga Lesmana mengatakan, berkaitan dengan rencana udang vaname atau komoditas lain, tentunya ada beberapa prosedur yang harus dilalui.

“Maka dari itu dalam hal ini Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kalteng, mengambil peran di hilirisasi nya yakni membangun komunikasi dengan perusahaan-perusahaan, yang memang berkemampuan melaksanakan ekspor,” ucapnya, Jumat (2/8/2024).

Adapun tujuannya sendiri, tentunya harus berkolaborasi terlebih dahulu dengan pihak swasta karena untuk tahapan mencapai semua fasilitas ataupun sertifikasi berkaitan ekspor itu memerlukan waktu.

“Sedangkan untuk berkegiatan mengirimkan komoditas inikan kita perlu, waktu yang cepat sehingga kami menggandeng salah satu perusahaan swasta yang memang memenuhi, istilahnya di dalam dunia ekspor itu HACCP, yakni standar yang diberlakukan secara untuk bisa melaksanakan ekspor,” tambahnya.

Akan tetapi terutama komoditas vaname ini, memang menjadi prioritas dari bapak Gubernur dimana produksinya itu berlokasi di Kabupaten , sehingga nanti hasil dari sini selain untuk memenuhi pasar lokal, jadi bisa juga diekspor.

“Terkait ekspor sendiri tentunya membawa nama Kalimantan Tengah, kita tidak mau ekspor yang kita jalankan ini masih menumpang di Provinsi lain, oleh karena itu kolaborasi dengan Dinas Kelautan, Dinas Perdagangan berharap kedepan langkah-langkah yang kami laksanakan ini, juga bisa percepatan untuk meningkatkan ekspor vaname terutama, karena vaname ini banyak peminatnya, terutama negara-negara seperti Jepang,” ungkapnya. (udi)