Wujudkan Penyiaran yang Sehat pada Pilkada 2024, KPID Kalteng Gelar FGD

Ketua KPI Pusat Ubaidilah Sadewa saat menghadiri FGD KPID Kalteng

, PALANGKA RAYA – Dalam rangka mewujudkan penyiaran yang sehat dan berimbang pada mendatang, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah () Kalimantan Tengah menggelar Forum Group Discussion, Rabu (14/8/2024) Pagi.

Acara yang dikemas dengan Tema ” Penyiaran yang Sehat Menuju Semakin Berkah” tersebut diselenggarakan di Aula Hotel Dandang Tingang dan dihadiri langsung Ketua KPI Pusat, Ubaidillah Sadewa, Kalimantan Tengah yang di wakilkan staf Ahlinya, Pengurus KPID Provinsi Kalimantan Selatan dan Juga Kalimantan Timur serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

Ketua KPI Pusat, Ubaidillah Sadewa menyambut baik kegiatan Forum Group Discussion ini, hal ini sebagai langkah awal mewujudkan siaran sehat untuk 2024 yang adil dan berimbang.

“Insya Allah, ini adalah langkah awal KPI dalam mendukung Pilkada. Dan FGD ini kita berharap semua unsur lembaga Penyiaran bisa mematuhi dan mempelajari Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS).” Ungkap Ubaidillah Sadewa.

Tidak Jauh Berbeda, Ketua KPID Kalteng, HB mengungkapkan bahwa kegiatan FGD ini diharapkan bisa menjawab kebutuhan KPID Kalimantan Tengah dalam mempersiapkan masa kampanye, yang merupakan bagian dari tahapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah yang akan berlangsung pada November 2024 Mendatang.

“Ini adalah Salah satu fokus utama KPID adalah melakukan pengawasan konten siaran pada tahapan Pilkada tahun 2024 mendatang, termasuk iklan kampanye, dengan harapan dapat memberikan dampak positif pada proses kampanye,” jelasnya.

Dirinya juga menekankan pentingnya kolaborasi dan diskusi aktif dari lembaga penyiaran untuk menyampaikan pendapat terkait pengawasan konten siaran ini.

“Harapannya, melalui FGD ini kedepannya, lembaga penyiaran mampu menyajikan tayangan yang berkualitas, terutama dalam rangka Pilkada mendatang, dengan tujuan agar masyarakat dapat lebih partisipatif dalam proses demokrasi” harapnya.

Di kesempatan itu juga, dilaksanakan Pembacaan Ikrar Damai Lembaga Penyiaran dalam Menyukseskan Pilkada tahun 2024 menuju Penyiaran sehat agar Kalimantan Tengah Semakin Berkah. (yud)