Pemprov Kalteng Berikan Bimtek ke Wirausaha Pemula se-Kota Palangka Raya

, – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah ( Kalteng) memberikan bimbingan teknis (bimtek) kewirausahaan kepada wirausaha pemula se-Kota Palangka Raya, Kamis (15/8/2024).

Ketua TP PKK Provinsi Kalteng, , saat pembukaan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas dan UKM Provinsi Kalteng yang bertujuan untuk membangkitkan jiwa kewirausahaan dan perkembangan wirausaha dan di Kalteng.

“Permasalahan yang umum dihadapi kalangan wirausaha dan usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM di Indonesia dan Provinsi Kalimantan Tengah adalah kurangnya kemampuan untuk menciptakan dan mengelola usaha yang kreatif dan inovatif sesuai prinsip-prinsip manajemen kewirausahaan,” ujarnya.

Ivo menjelaskan, bahwa prinsip pertama yang harus dilakukan dalam mengembangkan usaha adalah dengan memiliki sumber daya manusia yang handal dan tentu juga selalu memiliki jiwa kewirausahaan.

“Misalnya membuat rencana usaha ( plan) sering diabaikan. Dengan tidak adanya rencana keuangan, rencana pemasaran, rencana produksi, maka usaha berjalan hanya untuk memenuhi kebutuhan harian saja,” jelasnya.

“Oleh karena itu pelaku usaha tidak berkembang menjadi mapan dan naik kelas,” tambah Ivo.

Ia berharap melalui kegiatan ini dapat membantu para pelaku usaha dan mahasiswa/mahasiswi untuk menciptakan wirausaha dari berbagai jenis usaha, yang berdampak pada perkembangan dan pertumbuhan daerah secara optimal.

“Ambil ilmu yang disampaikan oleh narasumber, terapkan pada usaha yang nantinya atau sedang dilaksanakan sehingga bisa menambah ilmu pengetahuan dalam menjalankan dan menciptakan usaha,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi (Diskop) dan UKM Provinsi Kalteng, Norhani, berharapa agar bimbingan teknis ini dapat menjadi langkah awal yang baik bagi para wirausaha pemula di Kota Palangka Raya.

“Dengan pemahaman yang baik tentang kewirausahaan, diharapkan mereka dapat menghadapi tantangan yang ada dan mengembangkan usaha mereka dengan berkelanjutan,” ungkapnya. (asp)