Pemprov Kalteng Dorong Penyiaran Sehat pada Pilkada 2024

Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Suhaemi, saat membacakan sambutan Gubernur Kalteng

, – Staf Ahli Kalimantan Tengah (Kalteng) Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Suhaemi, membuka acara Focus Group Discussion () dan Rapat Koordinasi Wilayah Komisi Penyiaran Indonesia Daerah () Kalteng di Aula Dandang Tingang, Palangka Raya, Rabu (14/8/2024).

Dalam sambutannya, Suhaemi menyampaikan apresiasi atas peran penting yang dimainkan oleh KPID sebagai lembaga independen negara. KPID, menurutnya, berperan krusial dalam mengawasi dan meningkatkan kualitas penyiaran, serta memberikan kepastian bagi para pelaku industri penyiaran.

“Apalagi dalam waktu dekat, tepatnya pada tanggal 27 November 2024, akan dilaksanakan Pemilihan Kepala Daerah () serentak, yang merupakan momentum penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia, khususnya Kalimantan Tengah,” ujar Suhaemi.

Ia juga menekankan pentingnya koordinasi antara lembaga penyiaran, KPID, Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Badan Pengawas (Bawaslu) agar proses penyiaran terkait pemilu dapat berjalan lancar.

Ia berharap regulasi yang sudah ditetapkan dapat dipahami dengan baik oleh semua pihak.

“Media penyiaran memiliki peran untuk mewujudkan Pemilu yang demokratis dan berkualitas, dengan menyampaikan informasi yang benar dan seimbang dalam balutan program siaran yang bertanggung jawab,” tambahnya.

Selain itu, Suhaemi mengingatkan bahwa masyarakat sebagai pemilih juga memiliki tanggung jawab untuk menyaring informasi yang mereka terima, serta tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang belum jelas kebenarannya.

“Oleh karena itu, saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mendorong penyiaran yang sehat dalam Pilkada serentak ini,” pungkasnya. (asp)