Gubernur Kalteng Launching TABE Wirausaha dan Gelar Pasar Murah untuk Mahasiswa

Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran saat menyampaikan sambutannya pada Launching Beasiswa TABE Wirausaha dan membuka Pasar Murah untuk Mahasiswa Perantauan di Bundaran Besar, Palangka Raya

, – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), H. , secara resmi melaunching (Tabungan ) Wirausaha, di Bundaran Besar, Palangka Raya, Minggu (18/8/2024).

Launching ini dirangkai dengan pasar murah untuk mahasiswa perantau, yang digelar oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kalteng dan dan Perindustrian (Disdagperin) Kalteng.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng, Nuryakin, mengatakan bahwa program beasiswa dan pasar murah tersebut dilakukan oleh Pemprov Kalteng, yang diinisiasi oleh Gubernur untuk membantu mahasiswa perantauan agar bisa merasakan kehidupan yang layak.

“Sebanyak 942 orang wirausaha muda mendapatkan Beasiswa Tabe Wirausaha dengan nomial Rp 1 juta. Mudah-mudahan nanti bisa menjadi usaha yang berkembang sehingga meningkatkan perekonomian,” ucap Sekda.

Selain itu, sambung Nuryakin, Gubernur Sugianto Sabran juga memberikan bantuan subsidi paket sembako sebanyak 6.000 paket untuk mahasiswa.

“Pak Gubernur memberikan sebanyak 6000 paket untuk mahasiswa perantauan, dengan paket berisi beras 10 kilo, minyak, , sirup, roti kering dan . Jadi melihat harga sekitar Rp300 ribu lebih, tetapi disubsidi sehingga hanya membeli sebesar Rp20 ribu saja,” jelasnya.

Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng, H. Edy Pratowo, menambahkan bahwa kedua program tersebut adalah bentuk perhatian Pemprov Kalteng, yaitu Gubernur yang peduli terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Jangan sampai kita ketinggalan, makanya kita Pemprov Kalteng serius dalam meningkatkan kualitas SDM, yaitu dengan membantu mahasiswa dengan beasiswa tabe,” imbuhnya.

Wagub mengharapkan kepada mahasiswa dan juga pemuda serta masyarakat Kalteng, agar terus bergandengan tangan dalam upaya membangun Kalimantan Tengah agar Semakin Berkah.

Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran, mengharapkan bantuan yang pihaknya berikan tersebut, baik beasiswa maupun pasar murah untuk mahasiswa tersebut dapat dilanjutkan, dan dapat ditingkatkan.

“Mudah-mudahan gubernur yang akan datang dapat menaikkan beasiswa TABE ini, kalau bisa lebih tidak masalah juga. Harapan saya supaya semua ini mudah-mudahan bisa berlanjut dengan baik. Saya minta pemudi Kalteng tetap belajar, tetap semangat. Mudah-mudahan ada manfaat bantuan ini,” pungkasnya. (asp)