Baru Umur 18 Tahun, I Putu Varel Janovan Atlet Angkat Besi Masa Depan Kalteng dan Indonesia

, – Lifter muda asal Kalimantan Tengah (), I Putu Varel Janovan, yang saat ini tangah berusia 18 tahun akan menjadi atlet angkat besi masa depan Kalteng dan juga Indonesia.

I Putu Varel yang saat ini duduk di kelas IX SMA sudah mencatatkan namanya pada kejuaraan Nasional. Ia mewakili Kalteng pada Pekan Nasional () XXI/2024 di Aceh-Sumatera Utara (Sumut).

Pada ini, I Putu Varel Janovan turun pada kelas 67 kilogram putra, yang digelar di GOR Seuramo, Komplek Stadion Harapan Bangsa (SHB), Banda Aceh, Kamis (5/9/2024).

Dalam pertandingan tersebut, Varel mampu mencatatkan total angkatan sebesar 105 kilogram, menempatkan dirinya di urutan ketujuh dari delapan peserta.

Persaingan ketat di kelas ini diisi oleh beberapa lifter unggulan, seperti Jan Adrianus Hosea (Papua), Muhamad Fuad Jamal (Jawa Barat), Rahman (Aceh), Faisal (Sumatra Selatan), Herianto (Lampung), Eko Yuli Irawan (Jawa Timur), dan Sukani Satrio (Sumatra Utara).

Medali emas dalam kategori ini diraih oleh Eko Yuli Irawan dari Jawa Timur dengan total angkatan 309 kilogram. Sementara itu, Muhamad Fuad Jamal dari Jawa Barat membawa pulang medali perak dengan angkatan 287 kilogram, dan Harjianto dari Lampung merebut medali perunggu dengan angkatan 268 kilogram.

Pelatih angkat besi Kalteng, Ririk Novian, mengaku sangat bangga dengan prestasi Varel, meski belum berhasil meraih medali.

“Varel baru berusia 18 tahun dan masih duduk di kelas XI SMA. Ia sudah berani bersaing di kelas senior, dan meski berada di urutan ketujuh, ini adalah pencapaian yang patut diapresiasi,” ujar Ririk usai pertandingan Varel.

Ririk juga menambahkan bahwa kelas 67 kilogram A dipenuhi oleh lifter-lifter top Indonesia yang sudah sering mengharumkan nama bangsa di ajang seperti Olimpiade dan Asian .

“Eko Yuli Irawan, siapa yang tidak kenal? ia adalah penyumbang medali empat kali di Olimpiade, termasuk pada Olimpiade Paris yang terakhir,” katanya.

“Kita bangga dengan Varel yang sudah berani bersaing di kelas senior. Dia masih memiliki potensi besar untuk menjadi juara di masa depan,” tambah Ririk.

Lebih lanjut, Ririk berharap agar Pengurus Besar (PB) Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI) terus mendukung dan menjaga atlet muda berbakat seperti Varel, karena mereka adalah masa depan angkat besi Indonesia. (asp)