Dukcapil Kota Palangka Raya Jaminkan Keamanan Data Masyarakat

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palangka Raya, Sabirin Muhtar

, – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah () mendatang, Dinas dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Palangka Raya menegaskan komitmennya dalam menjaga keamanan data kependudukan masyarakat.

Dukcapil memastikan bahwa seluruh data penduduk akan dikelola dengan standar keamanan tinggi untuk mencegah kebocoran atau penyalahgunaan informasi.

Kepala Dukcapil Kota Palangka Raya, Sabirin Muhtar, melalui Kabid Pengelolaan Informasi dan Administrasi kependudukan Kota Palangka Raya, Arniwaty, menyampaikan bahwa pihaknya telah menerapkan berbagai langkah pengamanan data guna memastikan kerahasiaan dan integritas informasi kependudukan.

“Kami menyadari betapa pentingnya keamanan data kependudukan, terutama dalam konteks pemilihan umum. Oleh karena itu, kami telah mengimplementasikan sistem keamanan yang ketat dan melakukan pengawasan secara berkala,” katanya, Jumat (13/9/2024).

Lebih lanjut, Arniwaty menyebutkan bahwa dalam upaya meningkatkan keamanan data, Dukcapil berkomitmen untuk menjaga kepercayaan masyarakat dengan memastikan bahwa data kependudukan yang kami kelola tidak akan jatuh ke tangan yang salah.

“Seluruh proses pengelolaan data, dari pendaftaran hingga penyimpanan tentunya dilakukan dengan mengedepankan prinsip keamanan dan kerahasiaan,” ucapnya.

Arniwaty berharap dengan adanya keamanan data kependudukan tersebut, dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat mengenai penggunaan data kependudukan mereka dalam proses Pilkada.

“Kami ingin masyarakat merasa tenang dan percaya bahwa data mereka aman selama proses pemilihan. Keamanan data adalah prioritas utama kami untuk mendukung kelancaran Pilkada dan menjaga integritas sistem ,” tandasnya. (asp)