Buka Orientasi Anggota DPRD se-Kalteng, Gubernur Tekankan Pentingnya Soal Kunker

BALANGANEWS, – Gubernur Kalimantan Tengah (), H. , secara resmi membuka kegiatan orientasi Anggota Kabupaten/Kota se-Kalteng di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur, Selasa (17/9/2024).

Acara ini dihadiri oleh anggota legislatif dari seluruh wilayah Kalimantan Tengah.

Dalam sambutannya, Sabran menekankan pentingnya kunjungan kerja (kunker) bagi para wakil rakyat di tingkat kabupaten dan kota. Ia menyatakan bahwa kunker memiliki peran strategis dalam mendukung di daerah.

“Kunker sangat penting, sebagai wujud cinta terhadap pembangunan. Ini terkait dengan rencana pembangunan jangka pendek, menengah, dan panjang,” ujar Sugianto.

Ia juga meminta agar hasil dari kunker atau studi banding yang dilakukan ke berbagai daerah dapat dibahas bersama eksekutif. Menurutnya, kolaborasi antara legislatif dan eksekutif menjadi kunci untuk membangun Kalteng ke depan.

“Misalnya, jika kunker dilakukan ke daerah atau , hasilnya harus dibicarakan dengan eksekutif, bupati terpilih, atau gubernur. Jangan sampai hasil kunker hanya ada di kepala atau di kantor saja, tetapi tidak pernah dibahas,” tambahnya.

Sugianto menegaskan bahwa keberhasilan dalam membangun Kalteng tidak hanya bergantung pada eksekutif, tetapi juga pada kontribusi Anggota DPRD. Hasil dari kunjungan kerja, menurutnya, dapat menjadi ide penting untuk pengembangan daerah.

“Ini sebetulnya koordinasi. Jika diperlukan, kunker bisa dilakukan ke luar negeri, misalnya mengikuti acara perdagangan terkait sumber daya alam kita. Itu juga sangat baik, tinggal diatur,” lanjutnya.

Gubernur juga menyoroti pentingnya kunker dalam menarik investor untuk berinvestasi di Kalteng. Ia menegaskan bahwa kekayaan sumber daya alam Kalteng harus dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat.

Di tempat yang sama, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kalteng, Rahmawati, menjelaskan bahwa kegiatan orientasi ini diikuti oleh 385 Anggota DPRD dari lima angkatan.

Tujuan orientasi ini, sebutnya, adalah untuk memperkuat pemahaman terkait fungsi, tugas, dan wewenang DPRD.

“Orientasi ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan, integritas, dan moralitas, serta untuk menjaga martabat, kehormatan, citra, dan kredibilitas DPRD di tingkat kabupaten dan kota,” jelas Rahmawati.

Acara orientasi diharapkan dapat meningkatkan kinerja Anggota DPRD dalam mengemban amanah masyarakat serta memperkuat sinergi antara legislatif dan eksekutif di Kalteng. (asp)