Memperkuat Kesadaran dan Keterlibatan Masyarakat dalam Mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan

Anggota DPRD Palangka Raya, Tantawi Jauhari

, PALANGKA RAYA – Anggota Palangka Raya Tantawi Jauhari mengajak masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap hutan dan lahan () yang bisa terjadi kapan saja.

“Kepada masyarakat meminta partisipasi aktif warga dalam pencegahan dan , Karhutla dapat merugikan mereka secara langsung, baik dalam hal maupun ,” ucapnya, Sabtu (21/92024).

Selain itu, Karhutla juga dapat menghancurkan tanaman dan habitat satwa, sehingga merugikan kehidupan ekonomi warga yang bergantung pada sektor pertanian dan kehutanan.

“Oleh karena itu, menekankan pentingnya langkah-langkah pencegahan, seperti tidak membuka lahan dengan cara membakar, memastikan api telah benar-benar padam saat memasak atau membakar , serta melaporkan kebakaran yang terjadi segera kepada petugas terkait,” tambahnya.

Selain itu, warga juga diimbau untuk mengikuti aturan-aturan terkait larangan membakar hutan dan lahan yang telah ditetapkan.

“Kita bersama-sama untuk mengawasi dan mengontrol upaya penanggulangan Karhutla serta hendaknya kita selalu partisipasi dengan semua pihak untuk pencegahan dan penanganan Karhutla,” ungkapnya. (udi)