Direktur Eksekutif Indo Barometer Beberkan 3 Alasan Agustiar-Edy Unggul Survei di Pilkada Kalteng 2024

Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng nomor urut 3, Agustiar Sabran dan Edy Pratowo

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA calon gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Tengah (), Agustiar Sabran dan Edy Pratowo, mendapatkan elektabilitas tertinggi dalam survei terbaru yang dilakukan oleh Poltracking Indonesia.

Hasil survei tersebut menunjukkan mereka meraih 41,6 persen suara, unggul dari tiga pasangan calon lainnya di Pemilihan Kepala Daerah () Kalteng 2024.

Direktur Eksekutif Indo Barometer, M. Qodari, memberikan tiga alasan utama mengapa elektabilitas pasangan nomor urut 03 ini lebih tinggi dibandingkan pesaingnya.

Keberlanjutan Pemerintahan Sugianto Sabran

Menurut Qodari, keberhasilan pasangan Agustiar-Edy tidak lepas dari kepuasan masyarakat terhadap kinerja Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, yang mencapai 80,7 persen. Sebagian besar masyarakat yang puas dengan kinerja ini, sekitar 46,8 persen, cenderung mendukung Agustiar dan Edy yang membawa gagasan keberlanjutan pemerintahan.

“Keunggulan Agustiar dan Edy Pratowo didukung oleh tingginya kepuasan terhadap Sugianto Sabran sebagai gubernur saat ini. Hal ini menjadi alasan utama mengapa mereka unggul dalam survei,” jelas Qodari.

Tingginya Kepuasan Terhadap

Selain kepuasan terhadap gubernur, Qodari menyebut bahwa kepuasan masyarakat Kalteng terhadap Presiden Joko Widodo juga tinggi, yakni mencapai 85,1 persen. Dari jumlah tersebut, sebanyak 40,8 persen menyatakan mendukung pasangan Agustiar-Edy.

Tema keberlanjutan ini serupa dengan kecenderungan di tingkat , di mana kandidat yang terkait dengan pemerintahan sebelumnya cenderung unggul.

“Karena kepuasan terhadap tinggi, masyarakat mencari calon yang melanjutkan program pemerintahan. Ini mirip dengan Pilpres, di mana Prabowo Subianto, yang terhubung dengan Jokowi, juga unggul,” ujar Qodari.

Tingkat Pengenalan yang Tinggi

Alasan ketiga menurut Qodari adalah tingginya pengenalan masyarakat terhadap Agustiar dan Edy. Agustiar, yang juga Ketua Dewan Adat (DAD) Kalteng dan anggota , sudah dikenal luas oleh masyarakat. Sementara itu, Edy Pratowo sebagai wakil gubernur petahana juga memiliki pengenalan yang tinggi.

“Pak Agustiar sudah dikenal karena posisinya sebagai Ketua Dewan Adat Dayak dan anggota DPR RI, sedangkan Edy adalah wakil gubernur petahana. Jadi, tidak heran jika pengenalan terhadap keduanya tinggi,” jelas Qodari.

Dengan ketiga faktor ini, pasangan Agustiar Sabran dan Edy Pratowo diprediksi akan menjadi salah satu kandidat kuat di Pilkada Kalteng 2024. (asp)