Dinas ESDM Kalteng Peringati Hari Kesaktian Pancasila

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kalimantan Tengah () menggelar upacara peringatan pada Senin (1/10/2024).

Upacara tersebut berlangsung di halaman kantor dan diikuti oleh seluruh pegawai negeri sipil (ASN) serta tenaga kontrak.

Kepala Dinas ESDM Kalteng, Vent Christway, memimpin upacara sebagai Inspektur dan membacakan sambutan Gubernur Kalimantan Tengah.

Dalam sambutannya, Gubernur menyampaikan rasa bangga bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila menjadi momentum penting untuk mengingatkan masyarakat tentang pentingnya Pancasila sebagai dasar negara.

“Pancasila adalah ideologi yang tidak bisa digantikan oleh apapun. Melalui peringatan ini, kita meneguhkan kembali komitmen terhadap nilai-nilai Pancasila,” ujar Gubernur dalam sambutannya.

Peringatan tahun ini mengusung tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas,” yang sejalan dengan visi Indonesia menjadi negara maju dan sejahtera pada tahun 2045.

Gubernur mengingatkan bahwa Indonesia Emas memiliki empat pilar utama: sumber daya manusia unggul, demokrasi matang, pemerintahan yang baik, dan keadilan .

Gubernur juga memaparkan berbagai pencapaian di Kalimantan Tengah, seperti penurunan angka , peningkatan pendapatan daerah, dan penurunan angka stunting.

Di sektor , pemerintah provinsi telah mengalokasikan hampir 20 persen anggaran untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. “Hal ini menunjukkan bahwa kita berada di jalur yang tepat dalam pembangunan,” tambahnya.

Dalam sambutannya, Gubernur juga menyebutkan peningkatan signifikan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kalteng, yang mencapai lebih dari Rp10,2 triliun pada tahun 2024.

Ia mengapresiasi kerja keras semua pihak yang telah berkontribusi dalam mewujudkan kemajuan tersebut.

Menjelang Pemilihan Kepala Daerah () serentak pada 27 November 2024, Gubernur mengimbau seluruh masyarakat Kalimantan Tengah untuk menggunakan hak pilih mereka.

“Jangan golput. Mari kita wujudkan damai, demokratis, dan bermartabat. Jaga keamanan dan ketertiban bersama,” pesan Gubernur Kalteng yang dibacakan oleh Kepala Dinas ESDM Kalteng. (asp)