Hindari Kebakaran dengan Pemeriksaan Rutin Instalasi Listrik

Tim PLN UP3 Palangka Raya ketika melakukan edukasi secara door to door kepada warga.

BALANGANEWS, – Pemeliharaan jaringan instalasi pada hunian secara rutin menjadi salah satu kunci dalam mengantisipasi bahaya .

Hal ini disebutkan langsung Asisten Manajer Keuangan dan Umum UP3 Palangka Raya, Mujianto, menyikapi maraknya kebakaran di Kota Palangka Raya dalam satu bulan terakhir.

“Minimal pemeriksaan rutin instalasi listrik di rumah maupun hunian itu lima tahun dan maksimal 10 tahun,” katanya, Kamis (3/10/2024).

Ia pun menyarankan agar masyarakat dapat melakukan pemeriksaan tersebut secara rutin untuk menghindari terjadinya beban tegangan listrik berlebih pada instalasi.

Apabila diumpamakan, instalasi listrik, khususnya perkabelan dapat dianggap sebagai jalan raya. Jika jalan tersebut besar maka arus akan menjadi lancar.

“Tentunya seiring tahun penggunaan listrik di rumah akan semakin bertambah dengan penambahan sejumlah peralatan listrik. Sehingga instalasi yang terpasang sebelumnya turut bertambah pada beban yang dapat berpotensi memicu panas berlebih dan berakibat ,” ucapnya.

Mujianto menerangkan, beberapa faktor dapat menyebabkan potensi korsleting listrik dan kebakaran pada hunian. Seperti
seperti listrik atau melakukan perubahan atau modifikasi pada alat pengukur dan pembatas (kWh meter).

Penyambungan kabel yang tidak sempurna, penyambungan kabel tidak rapi dan isolator pada kabel tidak terpasang dengan rapat, arus listrik pada kabel bisa keluar jalur dan menyebabkan arus pendek.

Selain itu pula, kabel yang digunakan tidak sesuai spesifikasi/peruntukannya dapat memicu korsleting. Kemudian
perangkat listrik berkualitas rendah atau tidak sesuai standar keamanan atau dapat meningkatkan risiko terjadinya korsleting.

“Hindari penggunaan stop kontak secara berlebih dan bertumpuk,” terangnya.

Terkait pemeriksaan instalasi listrik, Mujianto menambahkan agar hal tersebut dapat dilakukan oleh instalatir listrik yang telah memperoleh Sertifikat Layak Operasi (SLO). Masyarakat dapat mendatangi jika ingin memeriksa instalasi listrik di rumah.

“Kita akan mengarahkan masyarakat yang ingin memeriksa instalasi listriknya ke gerai instalatir terdekat dari rumah pelanggan. Tentunya kita mengarahkan ke instalatir yang telah memiliki SLO,” imbuhnya. (yud)