Kakanwil Kalteng Kunjungi Rutan Palangka Raya

, – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palangka Raya menerima kunjungan Kepala Kantor Wilayah Kementerian dan HAM Kalimantan Tengah, Maju Amintas Siburian, Rabu (2/10/2024).

Kedatangan Kepala Kantor Wilayah tersebut disambut langsung oleh Kepala Palangka Raya, Bambang Widiyanto bersama seluruh Pejabat Struktural.

Kunjungan diawali dengan berkeliling melihat sarana dan prasarana yang ada di , kegiatan warga binaan, dan program pembinaan yang dilaksanakan di Rutan Kelas IIA Palangka Raya.

Ia juga berdialog dengan beberapa pegawai untuk mengetahui kondisi keamanan dan ketertiban serta pembinaan yang berjalan di Rutan Kelas IIA Palangka Raya.

Menyambut kedatangan tersebut, Kepala Rutan Kelas IIA Palangka Raya, Bambang Widiyanto menjelaskan berbagai fasilitas yang ada di Rutan Palangka Raya termasuk bengkel kerja yang menjadi tempat produksi berbagai kerajinan tangan unggulan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) seperti tas modifikasi dan kerajinan getah nyatu.

“Sebanyak enam orang yang tergabung sebagai pengrajin. Empat pengrajin getah nyatu dan dua pengrajin tas anyaman rotan. Selain itu, Rutan Palangka Raya juga menjalankan pembinaan lain seperti barbershop, laundry, perternakan ayam petelur dan juga ,” jelas Bambang, Kamis (3/10/2024).

Kepala Kantor Wilayah, Maju Amintas Siburian berpesan agar apa yang menjadi hak dari warga binaan selalu dipenuhi. Lebih lanjut, Ia juga menekankan agar apa yang sudah baik dan berjalan khususnya dalam hal pembinaan kemandirian maupun kepribadian dapat selalu ditingkatkan.

“Hal yang utama adalah menjaga integritas. Laksanakan tugas dan pekerjaan secara benar, pertahankan yang baik dan tinggalkan hal-hal yang dapat menjadi masalah. Selalu jalin komunikasi bersama Jajaran dan seluruh Pegawai untuk menjalin hubungan yang baik, karena kekuatan Pemasyarakatan ada pada anggota dan pegawai,” tambah Maju Amintas. (yud)