Kadivpas Apresiasi Produk Unggulan Getah Nyatu Rutan Palangka Raya

, – Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kalimantan Tengah, Saptono Sambudji, melakukan kunjungan ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palangka Raya, Kamis (10/10/2024).

Dalam kunjungannya ini, Kadivpas ingin mengetahui bagaimana pembinaan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Palangka Raya berjalan dalam menciptakan produk-produk unggulan.

Didampingi langsung oleh Bambang Widiyanto selaku Kepala Rutan Kelas IIA Palangka Raya, Kadivpas melihat langsung salah satu produk unggulan Rutan Kelas IIA Palangka Raya yaitu kerajinan getah nyatu. Beliau meninjau langsung mulai dari bahan, proses pembuatan hingga hasil produk yang siap dipasarkan.

Kadivpas menilai bahwa kualitas produk yang dihasilkan sudah sangat bagus. Melihat hal tersebut, Kadivpas juga mengapresiasi program pelatihan WBP melalui berbagai pelatihan keterampilan yang sudah berjalan ini.

“Meskipun berada di rutan, mereka membuktikan bisa berkreasi dan memproduksi aneka kerajinan tangan dan hasilnya sangat bagus. Kami berharap produk unggulan tersebut terus dipertahankan, meskipun nantinya pimpinan ini berganti orang,” ungkap Kadivpas.

Sementara itu, Bambang berkomitmen akan terus mengembangkan produk-produk unggulan hasil karya warga binaan Rutan Kelas IIA Palangka Raya agar terus berkembang dan semakin dikenal banyak orang.

“Alhamdulillah, berbagai produk dari getah nyatu ini sudah dipasarkan kepada masyarakat luas dan sering mengikuti pameran. Selain offline, kami juga memasarkan produk ini melalui media . Kami akan terus mengembangkan produk ini sekaligus untuk melestarikan budaya Kalimantan Tengah,” ungkap Bambang, Minggu (13/10/2024). (yud)