Pemko dan DPRD Bergandengan Tangan Majukan UMKM Demi Ekonomi Berkelanjutan

Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Mukarramah

, – Anggota DPRD Kota Palangka Raya Mukarramah mengatakan, bahwa pentingnya kolaborasi dan saling mendukung antara pemerintah dan masyarakat dalam mendorong pertumbuhan .

“Dukungan dan sinergi antara DPRD, pemerintah, dan masyarakat sangat penting. Dengan bersama-sama, kita bisa menciptakan usaha yang kondusif bagi ,” ucapnya, Minggu (20/10/2024).

Sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta dipandang sebagai dua elemen penting yang tidak bisa dipisahkan dalam upaya mendongkrak perekonomian daerah.

“Sektor UMKM tidak hanya berfungsi untuk menciptakan lapangan pekerjaan, tetapi juga menjadi penopang utama sektor pariwisata, UMKM dan pariwisata ini saling mengisi. Produk lokal UMKM bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan,” tambahnya.

Daerah yang didukung oleh keberadaan produk-produk khas dan tradisional memiliki potensi lebih besar dalam menarik wisatawan. Oleh karena itu, penting bagi pemerintah daerah untuk memfasilitasi kerja sama antara pelaku UMKM dan pengelola destinasi wisata.

“Ketika pariwisata tumbuh, UMKM juga akan berkembang. Begitu pula sebaliknya. Ini harus berjalan secara terintegrasi,”lanjutnya.

Selain itu, ia menekankan perlunya program pembinaan dan akses permodalan yang lebih luas bagi pelaku UMKM agar mampu meningkatkan kualitas dan daya saing produk.

“Inovasi dalam produk dan pemasaran berbasis digital juga harus diperkuat, terutama agar UMKM bisa memanfaatkan momentum kunjungan wisatawan dengan maksimal,” ungkapnya. (udi)