Anggota DPRD: Peran Keluarga dan Gizi Seimbang Kunci Cegah Stunting

Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Hasan Busyairi

BALANGANEWS, – Dalam upaya menurunkan angka stunting di Palangka Raya, Anggota Kota Palangka Raya Hasan Busyairi menekankan pentingnya dan seimbang bagi masyarakat. Edukasi tentang gizi dan perbaikan pola konsumsi dinilai menjadi langkah strategis untuk memastikan tumbuh kembang anak berlangsung optimal.

“Pemenuhan yang lengkap, mulai dari , karbohidrat, hingga vitamin dan mineral, sangat penting untuk mencegah stunting. Kita tidak boleh hanya bergantung pada makanan pokok seperti nasi, tetapi juga perlu memperbanyak konsumsi sayur, buah, serta sumber protein seperti dan ikan,” ucapnya, Rabu (23/10/2024).

Selain itu, peran orang tua perlu memberikan contoh dengan pola makan bergizi dan membatasi konsumsi makanan cepat saji. Ini bukan hanya membantu tumbuh kembang anak, tetapi juga mencegah berbagai penyakit di masa depan.

“Pemerintah daerah hingga saat ini terus berupaya melakukan sosialisasi dan edukasi tentang pentingnya pola makan sehat di berbagai wilayah Kalimantan Tengah,” tambahnya.

Program intervensi gizi, seperti pembagian makanan tambahan dan pemberian edukasi kepada serta orang tua balita, menjadi salah satu agenda prioritas.

“Kita berharap masyarakat semakin sadar bahwa pencegahan stunting tidak hanya bergantung pada bantuan pemerintah, tetapi juga membutuhkan peran aktif keluarga dalam menciptakan sehat dan mendukung kebiasaan makan bergizi,” ungkapnya. (udi)