AMPD Sampaikan Aksi ke DPRD Provinsi Kalteng

H Muhajirin

, PALANGKA RAYA – Aliansi Masyarakat Peduli Demokrasi (AMPD) Kalimantan Tengah (), Selasa (22/12/2020) pagi menyambangi gedung , dengan tujuan menyampaikan aspirasi mereka terkait dengan beberapa temuan yang melibatkan Gubernur dan juga PT .

Sesampainya di gedung dewan, rombongan AMPD disambut Wakil Ketua Komisi I Kalteng yang membidangi dan Pemerintahan, H Muhajirin. Di hadapan Muhajirin, juru bicara AMPD Kalteng, Dagut H Djunas menyampaikan beberapa aspirasi mereka.

Salah satunya yakni pihaknya menuntut DPRD Kalteng agar dapat melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan PT Bank Kalteng, terkait dugaan penyalahgunaan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dan fasilitas pinjaman yang tidak sesuai dengan ketentuan serta aturan perbankan.

“Kami mohon kepada para wakil rakyat di DPRD Kalteng agar dapat mengundang pihak PT Bank Kalteng dan juga Gubernur Kalteng, untuk RDP terkait dengan dugaan penyalahgunaan dana CSR Bank Kalteng serta fasilitas pinjaman yang tidak sesuai ketentuan,” katanya.

Selain itu, AMPD juga meminta kepada DPRD Kalteng, khususnya tim Panitia Khusus (Pansus) pengawasan Covid-19 dan penyaluran Bantuan (Bansos) Pemerintah DPRD Kalteng, agar dapat menjalankan tupoksinya dengan memanggil Gubernur Kalteng untuk RDP, terkait dengan penyalahgunaan dana Covid-19.

“Kami harap, bapak dan ibu di DPRD Kalteng, bisa segera melaksanakan hak angket atau interpelasi terhadap Gubernur Kalteng atas aspirasi yang kami sampaikan tersebut. Lalu meminta kepada pemegang saham Bank Kalteng, untuk segera melaksanakan rapat umum pemegang saham luar biasa,” harap Dagut.

Sementara itu, mewakili Pimpinan DPRD Kalteng, H Muhajirin menyampaikan kepada pihak AMPD bahwa pihaknya menerima apa yang menjadi tuntutan mereka. Tuntutan tersebut pun akan segera disampaikan kepada Ketua DPRD Kalteng, dengan harapan dapat segera ditindaklanjuti.

“Saya terima aspirasi bapak-bapak perwakilan AMPD Kalteng ini dan sesegera mungkin akan saya sampaikan ke Pimpinan Dewan. Harapan saya juga apa yang menjadi tuntutan dari bapak-bapak sekalian ini, bisa segera mendapat tindak lanjut dari Ketua,” demikian kata Muhajirin. (ega)

ASPIRASI – Tampak Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng H Muhajirin, ketika menerima perwakilan masa AMPD, yang menyampaikan aspirasinya ke gedung dewan, Selasa (22/12/2020) Foto/Humas DPRD Kalteng