Sekda Kalteng Apresiasi Program BKKBN Untuk Fasilitasi Terbentuknya Remaja

c1 IMG 20220621 204123 1 1818692972d 3
Sekda Kalteng, Nuryakin saat menyampaikan sambutan dalam Kegiatan Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreatifitas Genre

, – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Nuryakin membuka dan menghadiri Kegiatan Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreatifitas Genre yang digelar di Ballroom Hotel Aquarius, Palangka Raya, Selasa (21/6/2022) malam.

Didalam sambutannya, Nuryakin menyampaikan apresiasinya kepada BKKBN Provinsi Kalteng dalam program kerjanya yang memfasilitasi terbentuknya remaja yang memiliki perencanaan baik itu dalam karir, maupun pekerjaan, bahkan di dalam mempersiapkan kehidupan berkeluarga melalui Generasi Berencana atau Genre.

“Besar harapan saya melalui Apresiasi Duta dan Jambore Ajang kreatifitas Genre ini kelak akan terpilih seorang role model dari generasi muda, yang dapat mengedukasi dan juga mampu menginspirasi seluruh generasi remaja yang ada di Kalimantan Tengah sehingga mereka memiliki kompetensi dan daya saing untuk menjadi generasi yang berkualitas demi mewujudkan Penuh dengan Keberkahan,” harap Nuryakin.

yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa merupakan wadah generasi untuk membantu remaja membangun kesadaran pentingnya perencanaan, yaitu melalui 5 transisi kehidupan remaja.

Pertama, mempraktikkan hidup bersih dan sehat, kedua, merencanakan , ketiga, merencanakan karir atau pekerjaan, keempat, menjadi masyarakat yang baik dan yang terakhir adalah membangun yang berkualitas.

“Untuk itu remaja Genre dalam perannya turut membangun keluarga berkualitas diharapkan komitmen yang serius dalam upaya percepatan penurunan di provinsi Kalimantan Tengah, sebab remaja merupakan target sasaran yang utama dalam pencegahan stunting dari hulu karena dilakukan jauh sebelum terjadinya pernikahan dan konsepsi,” ucap Sekda Nuryakin.

Sambungnya, hal tersebut dilakukan sebagai upaya menutup setiap celah potensi risiko yang dapat mengakibatkan anak lahir stunting, mulai dari Fase Remaja.

“Melalui pendekatan teman sebaya dan pendidik sebaya yang berbasis dari remaja, oleh remaja dan untuk remaja maka peran Pusat Informasi dan Konseling Remaja atau PIK-R dapat menjadi wadah yang tepat bagi mereka untuk berkumpul, berdiskusi, bertukar informasi dalam hal kesehatan , gizi dan penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja,” tutupnya.

Hadir dalam kesempatan ini Ayah Genre Provinsi Kalteng, Jaya S. Monong, Bunda Genre Provinsi Kalteng, Mimie Mariati serta juga pihak terkait lainnya. (asp)