Putra Daerah Diharapkan Dapat Berkarir di Pendidikan Kedinasan

c1 IMG 20220723 131943 1822d015575 8
Ketua Gerdayak Indonesia, Yansen Binti saat diwawancara yang didampingi oleh Akmil dari Putra Daerah Provinsi Kalteng

, – Gerakan Pemuda () Indonesia dan Himpunan Putera-Puteri Angkatan Darat (Hipakad) Kalimantan Tengah menggelar silaturahmi dengan Taruna Akademi Militer (Akmil) yang berasal dari Putra Daerah , Sabtu (23/7/2022) siang.

Silaturahmi yang digelar di Meeting Room, Hotel Dandang Tingang, Palangka Raya ini dihadiri langsung oleh Ketua Gerdayak Indonesia, Yansen Binti dan diikuti oleh sejumlah anggota Gerdayak dan .

Dalam kesempatan itu, Yansen Binti menyampaikan bahwa di Kalteng saat ini masih sedikit sekali Putra Daerah khususnya dari Suku Dayak yang masuk dalam Akademi Militer.

“Akademi Militer, merupakan sekolah calon pemimpin. Karena sebagai calon pemimpin harus punya fisik serta mental yang kuat, karena mereka disana di didik untuk menjadi pemimpin dimasa depan,” ucapnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan pesan kepada para orang tua di Kalteng agar, dapat mempersiapkan anaknya untuk bisa masuk ke seperti Akademi Militer, juga Akademi Kepolisian serta sekolah Militer maupun kedinasan lainnya.

Beber Yansen, selain fisik yang kuat, tentunya jika masuk ke Akademi Militer juga harus mempersiapkan secara akademik sehingga dapat bersaing dengan peserta lainnya.

“Apalagi IKN ditetapkan di Kalimantan, sehingga kita harus mendorong anak-anak kita untuk menjadi calon pemimpin untuk dapat bersaing untuk hingga kancah ,” jelasnya.

Selain itu juga, pihaknya juga berharap kepada Pemerintah agar ada upaya untuk mendidik anak-anak, untuk dapat mempersiapkan diri menjadi pemimpin masa depan. Dalam hal ini pendidikan seperti contoh yang pernah dilakukan di SMA 5 Palangka Raya yang dulu dikenal dengan sistem pendidikannya dan SMA Plus.

Kedepan harap Yansen juga, agar kouta Putra daerah Kalteng bisa bertambah dari tahun ke tahun sehingga, mempunyai rasa memiliki terhadap kemerdekaan bangsa Indonesia.

Sementara itu, perwakilan Taruna Akmil dari Provinsi Kalteng Michael A. menyampaikan bahwa pihaknya berterima kasih telah diundang dalam kegiatan silaturahmi tersebut.

“Tujuan kami untuk memberikan semangat dan mendorong generasi muda di Kalteng, untuk dapat mempersiapkan diri untuk masuk dalam sekolah kemiliteran, baik Akmil, Akpol maupun sekolah kedinasan lainnya,” pungkasnya. (asp)