Buka Kegiatan Borneo Forum ke-5, Gubernur Kalteng Tekankan Ini

c1 IMG 20220824 102125 1 182cf0ff7d7 6
Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran

, PALANGKA RAYA Kalteng, H. Sugianto Sabran membuka secara resmi kegiatan Borneo Forum (BF) yang ke-5 tahun, yang digelar secara terpusat di Swiss-belhotel Danum, Palangka Raya, Rabu (24/8/2022).

Kegiatan yang digelar oleh Gabungan Pengusaha Indonesia (GAPKI) se-Kalimantan ini mengangkat tema Menuju Industri Sawit Borneo Berkelanjutan.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran mengatakan, menyambut baik dan mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan Borneo Forum ke-5 ini di Provinsi Kalimantan Tengah, tepatnya di Kota Palangka Raya, sehingga ia berharap, agar dapat meningkatkan kolaborasi Pemerintah dan pelaku usaha dalam rangka mewujudkan Industri Kelapa Sawit berkelanjutan, terlebih dalam kondisi pandemi -19 yang melanda.

Borneo Forum ini, kata Sugianto Sabran merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Pengurus dan Anggota Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Cabang Kalimantan Timur sejak tahun 2017, namun saat ini Borneo Forum melibatkan semua GAPKI di Wilayah Pulau Kalimantan (Kaltim, Kalteng, Kalbar, Kalsel, dan Kaltara).

“Tahun ini merupakan pertemuan yang ke-5 dan menjadi tuan rumah adalah GAPKI Kalimantan Tengah. Dengan mengusung tema Menuju Industri Sawit Borneo Berkelanjutan,” ucapnya.

Selain itu, dalam kesempatan itu juga, Gubernur Kalteng mengharapkan adanya kesepahaman bersama antara pemerintah pusat dan daerah mengenai usulan Provinsi penghasil sawit terhadap Dana Bagi Hasil Sawit (DBH Sawit), dengan berbagai pertimbangan, karena Provinsi penghasil sawit juga membutuhkan peningkatan berbagai aspek, seperti Pendidikan, Kesehatan, dan .

“Sebagai Provinsi penghasil sawit, kami juga membutuhkan peningkatan aspek Kesehatan, Pendidikan dan aspek Infrastruktur, ini membutuhkan anggaran yang tidak sedikit dan secara mendasar seluruh kekayaan alam kiranya dapat memberikan manfaat seluas-luasnya bagi masyarakat daerah setempat,” pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan ini Anggota Dapil Kalteng, H. , Anggota DPD RI, Agustin Teras Narang, Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Musdhalifah Machmud, Sekjen GAPKI, Eddy Martono, Gubernur Kaltim, H. Isran Noor dan perwakilan dari Kalbar, Kaltara, dan Kalsel.

Selain itu, Hadir juga Wakil Gubernur Kalteng, H. , Forkopimda Provinsi Kalteng, Kepala Perangkat Daerah lingkungan Pemprov Kalteng, Kepala Perbankan di Provinsi Kalteng serta Panitia penyelenggara Borneo Forum. (asp)