3 Ribu Lebih Warga Palangka Raya Sudah Punya KTP Digital

Edie
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palangka Raya, Edie

, – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Palangka Raya, Edie mengatakan ada 3 ribu lebih warga setempat yang saat ini memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Digital pada Smartphone android masing-masing.

“Data terakhir beberapa hari yang lalu sudah 3 ribu lebih, sekarang mungkin bertambah banyak tapi belum tahu pastinya berapa,” katanya, Senin, (20/2/2023).

KTP Digital merupakan pengganti yang digunakan masyarakat pada umumnya. Ketika sudah memiliki KTP Digital ini masyarakat tidak perlu lagi membawa identitas di dompet bahkan untuk memperoleh layanan publik tidak harus fotocopy berkas lagi.

Guna memberikan jaminan kemudahan bagi warga atas berlaku KTP Digital tersebut, Pemerintah Kota Palangka Raya sudah menerbitkan edaran yang ditujukan kepada Perbankan dan kantor pelayanan publik agar memberikan akses terhadap pengguna KTP Digital.

“Dinas Dukcapil tetap memberikan pelayanan pembuatan identitas ini secara bertahap. Bagi yang belum memiliki handphone maupun tak ada jaringan tetap dilayani dengan bentuk fisik dan layanan manual seperti sekarang,” jelasnya.

Oleh karena itu, penerapan identitas digital ini dilakukan secara bertahap, dukcapil tetap menerapkan prinsip double track system services, pemberian layanan dengan dua jalur, layanan digital dan secara fisik manual.

Masyarakat bisa membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) Digital melalui Smartphone, namun harus didampingi petugas yang ada di Dinas Dukcapil.

Caranya, unduh terlebih dahulu Identitas Digital (PPID ) di ponsel melalui Play Store karena sementara ini aplikasi baru tersedia untuk pengguna Android dan untuk pengguna Ios akan dikembangkan dalam waktu dekat ini.

“Banyak sekali manfaatnya kalau kita menggunakan KTP Digital ini. Karena hanya dengan satu data itu saja fiturnya sudah lengkap, ada KK, NPWP, , Bukti hingga kartu pegawai bagi ,” pungkasnya. (oje)