Resahkan Warga, Kera Ekor Panjang Berhasil Diamankan

e4eb4d69 0dc0 4949 b879 9693a32da374
Petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palangka Raya, saat menyerahkan kera ekor panjang ke BKSDA Kalteng, Kamis (23/2/2023)

, – Warga Jalan Jalan Matal kota Palangka Raya, diresahkan adanya seekor monyet ekor panjang yang membuat takut warga dan sempat mengejar anak-anak yang berada di sekitar.

Atas kejadian tersebut, warga pun segera menghubungi Petugas Pemadam dan Penyelamatan Kota Palangka Raya, selanjutnya petugas mendatangi lokasi yang dimaksud.

Kepala Seksi Pengendali Operasi dan Komunikasi Penyelamatan Bidang Penyelamatan Sucipto mengatakan, pihaknya kali ini menindaklanjuti laporan adanya seekor dengan ekor panjang yang membuat warga Jalan Matal, Jalan Pelajar dekat Sekolah SLBN.

“Berdasarkan informasi warga bahwa kera tersebut, membuat takut warga sekitar karena sempat mengejar anak-anak dan juga mengambil pakaian anak-anak, kemudian dipakaian ke lehernya si kera,” ucapnya, Kamis (23/2/2023).

Berdasarkan informasi bahwa kera ini, sejak sore selalu pulang pergi di perumahan warga di Jalan Matal, tidak hanya itu kera tersebut juga bisa mengejar anak-anak yang sedang bermain jadi orang tua merasa was-was dan dengan terpaksa harus menjaga si buah hati mereka agar tidak menjadi masalah buat anak mereka.

“Selain mengganggu kera ini juga bisa mengambil pakaian dan atas kejadian ini pelapor langsung meminta bantuan melewati WA Group Orari dan Call Center 112 untuk menangani kera ekor panjang yang membuat komplek perumahan mereka tidak nyaman, terutama buat anak-anak kecil lagi kata warga takut yang dibawa dari kera itu,” tambahnya.

Setelah itu petugas melakukan pengepungan menggunakan peralatan, si kera ekor panjang sempat lari di dua rumah warga dan di sekitaran halaman rumah ke dalam rumah, akhirnya si kera ekor panjang dapat ditangkap dan dibawa ke Pos Rescue untuk diamankan, kemudian diserahkan ke BKSDA Provinsi Kalimantan Tengah untuk ditangani serta dilepasliarkan ke alam bebas yang jauh dari pemukiman masyarakat. (udi)