Sinergi Antar Stakeholders, Kunci Pengendalian Inflasi di Kalteng

WhatsApp Image 2023 03 13 at 1.13.22 PM
Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng, H. Nuryakin

, – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah () H. hadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Tahun 2023 bersama Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian secara virtual dari Aula Jayang Tingang, Senin (13/3/2023).

Pada kesempatan itu, Tito meminta agar Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah agar bersinergi dan kompak dalam menjaga tingkat inflasi di Indonesia.

“Kita jangan pernah lelah dan berhenti, karena ini adalah hal mendasar bagi Bangsa kita, rakyat kita, yang menyangkut masalah harga barang dan jasa, terutama yang berhubungan dengan ,” ucapnya.

Tito menyebut, sebentar lagi kita akan memasuki Bulan Suci Ramadan yang akan sangat berpengaruh terhadap inflasi.

“Di bulan Ramadan pasti akan ada kenaikan inflasi yang disebabkan oleh peningkatan permintaan barang atau demand,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Nuryakin menyampaikan Kalteng mengapresiasi kinerja Tim Pengendali Inflasi Daerah Provinsi Kalteng yang berhasil mengeluarkan Kalteng dari zona merah.

“Kemarin kita sempat berada di posisi 2 , sekarang kita sudah di urutan 15 atau zona aman,” ucapnya.

Sekda menjelaskan kunci utama dalam pengendalian inflasi adalah dengan sinergi dan kolaborasi antar stakeholders terkait.

“Hal yang paling penting saat ini adalah stok pangan masih aman dan terjaga, kalau harga kita menyesuaikan permintaan, karena di hari-hari besar otomatis harga barang juga ikut naik,” pungkasnya. (asp)