Deputi Penanganan Darurat BNPB Apresiasi Penanganan Banjir di Kapuas

WhatsApp Image 2023 04 05 at 1.43.44 PM

, PALANGKA RAYA – Deputi Penanganan Darurat , Mayjen TNI Fajar Setyawan mengapresiasi , , /Pjg, dan seluruh pihak terkait dalam memberikan respon cepat terhadap penanganan banjir, sehingga penanganan telah berjalan dengan baik di lapangan.

Hal tersebut ia sampaikan saat mengunjungi Desa Pujon, Kecamatan Kapuas Tengah, Kabupaten Kapuas beberapa waktu lalu, untuk melihat langsung penanganan banjir yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah.

“Sebagai bentuk dukungan, BNPB akan memberikan Dana Siap Pakai (DSP) untuk operasional penanganan darurat kepada Pemkab Kapuas melalui Kapuas,” ujarnya.

Lanjut Fajar menyebut, Pemprov Kalteng telah melaksanakan fungsi koordinatif dengan baik, ini perlu mendapat apresiasi dan dukungan semua pihak.

“Saya mencermati, bukan hanya fungsi koordinatif, tetapi terjun langsung ke lapangan dan menyediakan kebutuhan warga yang terdampak, ini bentuk tanggung jawab yang luar biasa,” pungkasnya.

Diketahui, lokasi terendam banjir diantaranya Desa Marapit, Desa Tapen, Desa Kota Baru, Desa Pujon, Desa Bajuh, Desa Penda Muntei dan Desa Kayu Bulan.

Akibat bencana banjir ini, sebanyak 4.488 KK atau 13.192 Jiwa terdampak, dengan rincian 3.686 unit rumah terendam, 27 unit rumah ibadah terendam, 32 unit sarana pendidikan terendam, 6 unit sarana terendam, 27 unit fasilitas umum terendam dan 55 titik akses jalan terendam. (asp)