Pj. Bupati: Banjir di Barsel Sudah Mulai Surut

0b60a9fd e98c 432a a26a 4ec3e86771ad
Pj. Bupati Barito Selatan, Lisda Arriyana

, – Pj. Bupati , Lisda Arriyana mengatakan, saat ini situasi di wilayah Kabupaten Barito Selatan sudah mulai surut. Dimana seperti yang diketahui, banjir telah merendam beberapa wilayah di .

“Alhamdulillah banjir dibeberapa wilayah sudah mulai surut. Namun ada sejumlah wilayah yang berada di daerah pasang surut, yakni , juga ada Kecamatan Karau Kuala yang memang secara umum keringnya bisa tiga bulan,” ucapnya saat ditemui di Palangka Raya, Kamis (13/4/2023).

Ia membeberkan, banjir yang terjadi di Barito Selatan tersebut terjadi akibat curah hujan yang tinggi. Selain itu, karena adanya banjir kiriman dari daerah lainnya, seperti Kabupaten tetangga di DAS Barito.

Lisda mengatakan, saat ini Pemkab dan unsur sudah menetapkan status tanggap darurat, karena dilihat dari ketinggian air. Selain itu, sambung dia, pihaknya juga telah menyalurkan bantuan kepada 74 Desa di 6 Kecamatan, dengan jumlah yang terdampak akibat banjir.

“Adapun untuk distribusi bantuan sembako, kami sudah realisasikan. Alhamdulillah, besok kami ada menerima dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, melalui kita akan menerima bantuan sejumlah terpal dan juga sembako. Ini akan kami distribusikan kembali, dengan melihat kondisi beberapa desa yang masih belum,” katanya.

Selain melaksanakan upaya-upaya tersebut, Lisda mengatakan, pihaknya juga melakukan rekayasa pada median jalan terutama dalam kota agar air mudah keluar. Sehingga pada tahap pasca terjadinya banjir juga sudah mulai dilaksanakan.

“Kami berharap agar banjir segera surut, juga saat itulah Pemerintah harus hadir ditengah-tengah masyarakat untuk dapat merespon dengan cepat dan memberikan bantuan,” tandasnya. (asp)