FESyar Kalteng 2023: Majukan Ekonomi dan Keuangan Syariah Kalteng

WhatsApp Image 2023 05 03 at 3.23.00 PM

BALANGANEWS, – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah () akan menyelenggarakan Festival Ekonomi dan Keuangan Syariah Kalimantan Tengah atau FESyar Kalteng 2023 pada tanggal 3-6 Mei 2023.

Perhelatan yang digelar di Islamic Centre Palangka Raya atau di Kawasan Masjid Darussalam ini merupakan komitmen Bank Indonesia untuk mendorong kemajuan ekonomi dan keuangan syariah di Kalimantan Tengah.

Festival ini merupakan Road to FESyar Kawasan Timur Indonesia (FESyar KTI 2023) yang akan diselenggarakan pada minggu ke-4 Mei 2023. Selain itu, FESyar Kalteng 2023 juga menjadi bagian dan mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GRB) dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia () direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Juli 2023.

Selain itu, penyelenggaraan FESyar Kalteng 2023 sekaligus juga turut memeriahkan rangkaian acara HUT ke-66 Provinsi Kalimantan Tengah yang juga dilaksanakan di bulan Mei 2023.

FESyar Kalteng 2023 yang mengusung tema Sinergi dan Inovasi Ekonomi Keuangan Syariah Melalui Dukungan Digitalisasi untuk Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif, memiliki dua acara utama, yaitu Sharia Economic Forum dan Pameran Produk Unggulan UMKM (Sharia Fair).

Selain itu, masyarakat juga dapat mengikuti tabligh akbar bersama Guru Sufian Al Banjar dari Kalimantan Selatan. FESyar Kalteng 2023, juga dirangkaikan dengan berbagai kegiatan dalam rangka mendorong kemajuan UMKM melalui kegiatan pameran produk unggulan UMKM (Sharia Fair), Kegiatan pameran ini akan mengikutsertakan pelaku UMKM di bidang fashion, kerajinan, aneka produk olahan makanan dan minuman, aneka produk herbal dan berbagai pelaku usaha UMKM lainnya.

Berbagai kegiatan FESyar Kalteng 2023 dapat dikuti oleh seluruh lapisan masyarakat, baik pelajar dan mahasiswa, pelaku usaha, ibu rumah tangga aparat pemerintah, lembaga asosiasi, komunitas dan lain sebagainya.

Terkait dengan hal itu, Kepala BI Kalteng, Taufik mengatakan, masyarakat dapat mengikuti berbagai perlombaan seperti Tari Kreasi Islam, Hadrah (Habsy), Cerdas Cermat, dan Lomba Vlog Konten Eksyar, yang berhadiah total puluhan juta. Masyarakat dan komunitas dapat berpartisipasi dalam berbagai lomba tersebut dengan mendaftarkan melalui akun instagram: @Bank Indonesia_Kalteng.

Masyarakat yang mengunjungi FESyar Kalteng 2023 di Islamic Center Palangka Raya tanggal 3-6 Mei 2023, selain memperoleh berbagai ilmu dan tambahan wawasan, dapat berkesempatan menikmati hiburan musik yang akan menghadirkan artis religi cantik dan bersuara emas, Veve Zulfikar, serta mengikuti berbagai pertunjukan dan undian doorprise.

FESyar Kalteng 2023 memiliki makna penting, mengingat Kalimantan Tengah masih perlu terus mengembangkan inklusi ekonomi keuangan syariah, penguatan ekosistem halal value chain, sertamendorong model bisnis, dan sumber daya manusia .

Oleh karena itu dalam pengembangan ekonomi keuangan syariah, diperlukan sinergi dan kolaborasi berbagai pihak. FESyar Kalteng 2023, dalam pelaksanaannya, didukung oleh , Kementerian Agama Provinsi Kalteng, Otoritas (OJK), Lembaga Pendidikan (Universitas), perbankan dan industri jasa keuangan, asosiasi usaha, ormas dan berbagai komunitas lainnya.

WhatsApp Image 2023 05 03 at 3.23.00 PM

FESyar Kalteng 2023 juga menjadi momentum digitalisasi keuangan syariah dengan mendorong transaksi non tunai yang lebih luas sehingga seluruh peserta pameran akan menyediakan kanal pembayaran melalui QRIS.

“Bagi masyarakat yang melakukan transaksi melalui QRIS berkesempatan memperoleh hadiah menarik antara lain sepeda listrik, sepeda gunung, smartphone, dan hadiah lainnya, Bl Kalteng mengajak seluruh masyarakat untuk meramaikan FESyar Kalteng 2023, dan memperoleh manfaat baik dalam edukasi maupun berbagai kegiatan menarik lainnya,” pungkas Taufik. (asp)