Implementasi Berakhlak, Pemprov Kalteng Raih Juara 1 Nasional

WhatsApp Image 2023 05 03 at 3.23.00 PM (1)

, – Satu lagi prestasi gemilang yang diraih di awal tahun 2023 ini, yakni meraih penghargaan Berakhlak sebagai juara 1 tingkat dengan indeks implementasi “Harmonis” kategori Pemerintah Daerah Provinsi.

Hal tersebut berdasarkan Survei Berakhlak tahun 2022 yang dilaksanakan secara serentak pada Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten dan Kota se-Indonesia. Kegiatan tersebut diinisiasi oleh ACT Consulting International bekerjasama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN-RB).

Penyerahan penghargaan Berakhlak ini diserahkan langsung oleh Founder of ACT Consulting International, Ary Ginanjar Agustian kepada Wakil (Wagub) Kalteng, H. Edy Pratowo di Menara 165 Jakarta, Rabu (3/5/2023).

Dalam sambutannya, Ary Ginanjar Agustian mengucapkan selamat kepada yang menjadi juara 1 tingkat nasional dengan indeks implementasi Harmonis dengan nilai 72,5 di atas rata-rata kementerian dan lembaga serta Pemerintah Provinsi seluruh Indonesia.

“Capaian ini tidak mudah karena akan menjadi role model seluruh ASN di Indonesia. Penghargaan ini tentu berat mempertahankan karena butuh komitmen yang kuat dalam implementasinya, namun saya yakin Pemprov Kalteng akan mampu mempertahankan bahkan mampu meningkatkannya,” ucapnya.

Sementara itu, Wagub Kalteng, H. Edy Pratowo yang menerima langsung piagam penghargaan tersebut mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan capaian yang luar biasa bagi Pemprov Kalteng.

“Penghargaan ini kami dedikasikan kepada seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, khususnya untuk seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah yang telah mampu memanifestasikan Berakhlak menjadi budaya kerja ASN,” katanya.

Lebih lanjut, Wagub menambahkan, dirinya dan Gubernur H. Sugianto Sabran berkomitmen kuat membumikan Berakhlak sejak core values dan employer branding baru bagi Aparatur Sipil Negara diluncurkan langsung oleh Presiden pada tanggal 27 Juli 2021 yang lalu.

“Segala upaya membumikan telah dilakukan agar Berakhlak jangan hanya menjadi slogan semata, tetapi merupakan mental model setiap ASN agar menjadi denyut nadi, satunya tarikan nafas antara langkah dan perbuatan untuk selalu bangga melayani bangsa, dalam bingkai cita-cita besar BerAKHLAK penuh dengan keBERKAHan,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu Wagub juga mengapresiasi acara yang diselenggarakan oleh Accelerated Transformation (ACT) ini. “Teruslah mengawal bangsa ini dalam melakukan transformasi sumber daya manusia untuk melahirkan SDM unggul dan memiliki daya saing dengan berlandaskan AKHLAK,” pungkasnya.

Sebagai informasi, diraihnya penghargaan BerAKHLAK, bukan hanya dilandasi capaian implementasi Pemprov. Kalteng dalam budaya kerja ASN berdasarkan survey yang dilakukan terhadap 3.040 responden ASN di Kalteng, namun juga mencermati beberapa penghargaan yang telah diraih oleh Pemprov Kalteng. (asp)