BI Kalteng Lakukan Ekspedisi Rupiah Susuri Sungai Kahayan-Kapuas

WhatsApp Image 2023 05 09 at 11.39.22 AM

, PALANGKA RAYA – Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah () melakukan Ekspedisi Rupiah Susur Sungai Kahayan- dalam rangka penukaran uang rusak, lusuh dan memberikan edukasi terkait masalah keuangan.

Tim Kas Keliling Ekspedisi Rupiah Bank Indonesia Kalimantan Tengah tersebut dilepas secara resmi oleh Staf Ahli Kalteng Bidang , Keuangan, dan Pembangunan, Yuas Elko di Dermaga Flamboyan Bawah, Palangka Raya, Selasa (9/5/2023).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalteng, Taufik menjelaskan, Ekspedisi Rupiah Susur Sungai ini merupakan salah satu bentuk layanan penukaran uang Rupiah kepada masyarakat yang berada di pinggiran sungai, yang lokasi masyarakatnya hanya bisa diakses dengan menggunakan transportasi kapal.

“Kami bersinergi dengan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KpwBI) Provinsi dan berkomitmen penuh melalui kegiatan ini dapat menjangkau masyarakat lebih dalam untuk pemenuhan kebutuhan uang kartal. Kami rasa kegiatan ini sangat efektif dalam menarik yang beredar,” ucapnya.

Adapun layanan penukaran uang ini, jelas Taufik, dilaksanakan di lima lokasi di pinggiran sungai Kahayan sampai dengan sungai Kapuas, yakni Desa Danau Tundai, Desa Tanjung Taruna, Desa Simpur, Kecamatan Mandomai, dan Kecamatan Danau Mare.

“Sementara, Tim Keliling dari KpwBI Provinsi Kalimantan Selatan akan menyusuri sepanjang sungai Barito sampai dengan sungai Kapuas, yakni Kecamatan Marabahan dan Desa Sungai Seluang Pasar Kecamatan Belawang,” pungkasnya. (asp)