Pemprov Kalteng Sambut Baik Ekspedisi Rupiah Bank Indonesia

WhatsApp Image 2023 05 09 at 12.04.12 PM
Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, Yuas Elko

, – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah ( Kalteng) menyambut baik kegiatan Kas Keliling Ekspedisi Rupiah Susur Sungai Kahayan- yang digelar oleh Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Tengah.

Tim Kas Keliling Ekspedisi Rupiah Susur Sungai Bank Indonesia tersebut dilepas oleh Staf Ahli Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan, dan , di Dermaga Flamboyan Bawah, Palangka Raya, Selasa (9/5/2023).

“Kami sangat mendukung program yang dilaksanakan Bank Indonesia yang senantiasa memastikan ketersediaan uang Rupiah berkualitas dan layak edar di seluruh wilayah Kalimantan Tengah, termasuk bagi masyarakat yang berada di pinggiran sungai Kahayan sampai dengan sungai Kapuas,” ucap Yuas.

Ditambahkannya, selain sebagai upaya untuk memastikan ketersediaan uang Rupiah yang layak edar di masyarakat, kegiatan ini juga sebagai upaya mengedukasi masyarakat Kalimantan Tengah, untuk mengenal Rupiah secara lebih dalam melalui konsep Cinta Bangga Paham Rupiah.

“Sehingga masyarakat mampu mengenal karakteristik dan desain Rupiah, memperlakukan Rupiah secara tepat, serta menjaganya dari uang palsu. Kita harus menanamkan rasa bangga terhadap Rupiah, karena Rupiah merupakan satu-satunya alat pembayaran yang Sah di Indonesia,” tegasnya.

Yuas berharap, kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahun, sehingga tidak ada lagi masyarakat di Kalimantan Tengah yang masih menyimpan uang Rupiah tidak layak edar dan tidak mengenal ciri keaslian uang Rupiah.

Adapun layanan penukaran uang ini pada Ekspedisi tersebut dilaksanakan pada tanggal 9-10 Mei 2023 di lima lokasi pinggiran sungai Kahayan sampai dengan sungai Kapuas, yakni Desa Danau Tundai, Desa Tanjung Taruna, Desa Simpur, Kecamatan Mandomai, dan Kecamatan Danau Mare. (asp)