Hilang Saat Mencari Ikan, Rifa’i Ditemukan 13 Km dari Lokasi Hilang

WhatsApp Image 2023 09 12 at 10.14.03 AM
Petugas Basarnas bersama unsur terkait saat berusaha mencari korban yang sempat hilang

, – Kantor Pencarian dan (BASARNAS) mendapat laporan dari Sigit Pranoto yang merupakan Kades Rawa sari yakni seorang pencari ikan bernama Ahmad Baidowi Rifa’i warga Desa Rawa Sari.

Berdasarkan informasi yang diketahui dari keluarga korban bahwa Minggu (10/9/2023) tepatnya pukul 07.00 WIB Ahmad Baidowi berangkat mencari ikan bersama 30 orang rekannya di sekitaran rawa-rawa aliran Sungai Rawa Sari. Pada Pukul 14.00 WIB sebagian rekan dari korban berangsur pulang hingga tiba pukul 17.00 WIB korban masih belum pulang ke rumah.

Keluarga korban yang merasa janggal melaporkan hal tersebut kepada kepala Desa Rawa Sari. Pukul 18.00 WIB dilakukan pencarian oleh masyarakat setempat beserta keluarga korban. Namun Hingga Senin (11/09/2023) pencarian belum membuahkan hasil.

Kepala Kantor , AA Alit Supartana mengatakan, pada hari Senin 11/9/2023 sekitar pukul 12.55 Wib Kantor Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Palangka Raya setelah mendapat informasi tersebut, langsung memberangkatkan satu SRU (Search and Rescue Unit) yang berada di Pos SAR Sampit menuju ke lokasi kejadian pukul 13.10 WIB.

“Kami memberangkatkan satu SRU untuk berkoordinasi dengan Unsur SAR di lapangan dan melakukan pencarian, adapun pencarian dilakukan oleh Tim SAR gabungan mulai Pukul 15.05 WIB sesuai dengan rencana operasi SAR yang telah ditentukan,” ucapnya Selasa (12/9/2023).

Petugas di lapangan melakukan pencarian yang difokuskan pada sekitar titik koordinat korban diduga hilang sesuai dengan rencana operasi dan berkoordinasi dengan warga yang beraktivitas di sekitar tempat hilangnya korban.

“Setelah upaya pencarian dilakukan akhinya sekitar pukul 18.00 Wib malam, korban ditemukan oleh Pegawai PT. RSA yang sedang pulang setelah melakukan survey dan korban ditemukan kurang lebih 13 Km dari lokasi hilangnya korban dengan kondisi selamat, kemudian diantar menuju kediaman korban,” tambahnya.

Dengan telah ditemukannya Survivor dan telah dievakuasi dengan selamat, maka operasi SAR dinyatakan ditutup dan semua unsur SAR yang terlibat dikembalikan ke kesatuannya masing-masing.

“Adapun untuk unsur SAR yang terlibat dalam pencarian Tim Rescue Basarnas (Pos SAR Sampit), Polairud , Kotawaringin Timur, Bhabin Kamtibmas Rawa Sari, Keluarga Survivor dan masyarakat sekitar,” ungkapnya. (udi)