Remaja Berhelm Gondol Kotak Amal Masjid Jumratul Aqabah

Potongan CCTV ketika pelaku membawa kotak amal.

, kotak amal kembali terjadi di Kota Palangka Raya. Kali ini korbannya adalah Masjid Jumratul Aqabah yang terletak di Jalan Cempaka, Kota Palangka Raya, Sabtu (2/3/2024) dini hari.

Dalam rekaman CCTV yang terdapat di dalam masjid, pelaku diketahui beraksi seorang diri.

Adapun ciri-ciri pelaku diketahui menggunakan jaket, celana pendek dan menutupi wajah menggunakan helm. Sedangkan dari perawakan seperti masih berusia remaja.

Pengurus Masjid Jumratul Aqabah, Yusuf, mengatakan jika kejadian tersebut pukul 03.05 WIB saat masjid kosong dan keadaan sepi.

Aksi pencurian di Masjid Jumratul Aqabah sudah terjadi sebanyak tiga kali. Untuk itu pengurus masjid sebenarnya telah mengantisipasi dengan mengambil uang di dalam kotak amal setiap harinya.

“Jumlah pastinya kurang tahu, namun mungkin di atas Rp 100.000, setiap hari kita ambil untuk mencegah pencurian,” tuturnya.

Ia mengatakan tidak mengetahui pelaku pencurian kotak amal, karena setiap hari banyak orang berbeda yang melaksanakan salat.

“Kalau ciri-ciri pelaku saya tidak tahu dan kenal, karena memang setiap hari banyak orang yang melaksanakan salat, sehingga setiap banyak orang baru,” tuturnya.

Yusuf menambahkan, pelaku diketahui masuk melalui pintu samping masjid yang tidak dikunci.

Setelah berada di dalam masjid, pelaku mengangkat kotak amal masjid dan dibawa keluar.

“Pelaku membawa kotak amal sendirian menggunakan sepeda motor yang terparkir di dekat masjid,” pungkasnya. (yud)