Tugboat dan Kapal Dagang Terbakar di Barsel, 10 ABK Hilang

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – air terjadi di Desa Kalanis, , Kabupaten , Senin (13/5/2024) pagi. Kecelakaan melibatkan Kapal Dagang Setia Baru 05 dan Tugboat Surya 03.

Dari peristiwa terbakarnya kedua kapal tersebut, 10 dari total 14 anak buah kapal kini masih dalam pencarian tim gabungan, sedangkan 4 korban berhasil diselamatkan warga setempat.

melalui Kabid Humas Kombes Pol Erlan Munaji menerangkan jika kecelakaan air tersebut menjadi atensi Polda Kalteng. Baik dari sisi pencarian korban hingga penyebab kecelakaan.

Dari kecelakaan tersebut, satu dari 9 anak buah kapal (ABK) tugboat Surya 03 berhasil diselamatkan warga, sedangkan sisanya dalam pencarian.

Sedangkan dari kapal dagang Setia Baru, tiga dari lima orang berhasil diselamatkan. Dua lainnya masih dalam pencarian.

“Guna memudahkan penyelidikan, lokasi kebakaran dan bangkai kapal sudah dijadikan status quo. Penyidik dari akan melakukan penyelidikan mencari titik awal api yang menyebabkan kedua kapal terbakar,” katanya.

Penyelidikan nantinya juga akan melibatkan tim dari Ditreskrimum Polda Kalteng yang diterjunkan ke lokasi kejadian.

“Kita turut ikut melakukan pencarian terhadap korban yang dilaporkan hilang, baik dari personel Polres dan juga Polairud. Untuk para korban yang ditemukan sementara ini sudah dibawa ke Rumah Sakit Tamiang Layang,” jelasnya.

Erlan menambahkan masih belum mengetahui pasti penyebab kebakaran tersebut. Saat ini tim tengah bekerja melakukan penyelidikan.

“Kami tidak bisa memastikannya di awal begitu juga dengan dari arah mana kapal tersebut berlabuh. Setelah ada hasil dari penyidik nanti akan disampaikan lagi,” tuturnya. (yud)