Sekda Kalteng Daftar Gubernur dan Bupati Murung Raya ke PPP dan Perindo

BALANGANEWS, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Nuryakin kembali mendaftarkan diri sebagai bakal dan Bupati Murung Raya ke partai politik (parpol).

Kali ini, Nuryakin mendaftarkan diri pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kalteng 2024 ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) (PPP) Kalteng, dan ke DPW Perindo Kalteng, Senin (13/5/2024).

“Kami ingin mendaftarkan diri, membaktikan diri untuk Kalimantan Tengah. Kami tetap membawa dua konsep, yang pertam sebagai dan juga sebagai bupati Murung Raya,” ucap Nuryakin.

Nuryakin menambahkan, mengikuti mekanismenya ke partai politik walaupun mendaftarkan diri sebagai Gubernur Kalteng dan Bupati Murung Raya.

“Kami semuanya menyerahkan kepada mekanisme partai. Jadi kami tidak mengatur partai dan bukan pemilik partai. Kami adalah orang yang sama-sama ikut membangun Kalteng,” tambahnya.

Nuryakin membeberkan saat ini sudah mendaftarkan diri kedelapan partai politik. Adapun partai yang didaftarkan Nuryakin, yaitu DPD PDIP, DPW PKB, DPW PAN, DPW Nasdem, DPD , dan DPW . Kemudian PPP dan Perindo.

Nuryakin yang mempunyai karir tertinggi di birokrat Kalteng ini menjelaskan, bahwa pendaftarannya sebagai Gubernur dan Bupati merupakan saran dan dorongan dari Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran yang merupakan pimpinannya di birokrat saat ini.

“Kemarin beliau (Sugianto Sabran) menyarankan daftar dua. Satu jadi Gubernur, satu jadi Bupati. Jadi saran beliau bagus kan. Jadi maksud beliau harus dapatlah, ini kader terbaik harus dapat, kalau bisa gubernur itu pilihan terbaik,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) , Sengkon mengatakan, berkas Nuryakin akan diproses sesuai dengan mekanisme partai Perindo.

Sengkon menilai, Nuryakin memiliki pengalaman yang tidak diragukan lagi dalam mengurus , pengalaman mengurus rakyat dan pernah menjadi Wakil Bupati Murung Raya.

Dia juga mengaku senang ketika dijelaskan visi Sekda Kalteng, Nuryakin dengan Kalteng yakni Baimbai dalam bahasan banjar bersama-sama yang merupakan gagasan merakyat.

“Karena kesimpulannya nanti dari DPP, karena di pengurus Provinsi hanya melanjutkan dan memberikan pertimbangan kepada DPP, DPP yang memberikan rekomendasikan,” terangnya.

Terpisah, Ketua DPW PPP Kalteng, Awaludin Nor menyambut hangat kedatangan Nuryakin beserta rombongan yang di DPW PPP Kalteng.

“Terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh rekan-rekannya dalam PPP. Dimana adanya banyak kenangan sebelumnya itu tidak hanya capaian pribadi Sekda tetapi banyak hal lainnya,” tandasnya. (asp)