Ditsamapta Bongkar Penimbunan BBM Pertalite di Tjilik Riwut Km 6

SAVE 20220831 141813

, PALANGKA RAYA – Penyelewengan terus terjadi di Kota Palangka Raya. Kali ini ratusan liter BBM jenis Pertalite ditemukan tim PPRC pada sebuah barak di Km 6,5, Senin (29/8/2022).

Dalam proses penggerebekan tersebut petugas mengamankan seorang pria berinisial SW (32) yang mengaku sebagai pemilik BBM.

Direktur Samapta Polda Kalteng, Kombes Pol Cahyo Widiarso, mengatakan pengungkapan berawal dari patroli yang dilakukan tim PPRC menindaklanjuti informasi masyarakat akan dugaan .

Ketika diperiksa di sebuah gang, samping Rumah Sakit Betang Pambelum, petugas menemukan puluhan tumpukan jeriken di depan barak. Adapun total jeriken yang ditemukan berjumlah 73 buah kapasitas 35 liter.

“Dari jumlah tersebut kita temukan 21 jeriken berisikan BBM jenis Pertalite dengan total 693 liter,” katanya, Rabu (31/8/2022).

Dalam pemeriksaan yang dilakukan, BBM jenis Pertalite tersebut dibeli SW dari para pelangsir yang mengisi di SPBU Tjilik Riwut Km 6. Ia kemudian menjual lagi seharga Rp10.000.

“Barang bukti dan pelaku penimbunan kemudian diserahkan ke Satreskrim guna proses hukum lebih lanjut,” tegasnya.

Cahyo Widiarso menambahkan, penindakan yang dilakukan merupakan tindak lanjut dari instruksi Kalteng dalam menjaga distribusi BBM bersubsidi tepat sasaran.

“Seperti kita ketahui Pertalite adalah BBM yang disubsidi pemerintah. Sehingga penyalurannya harus tepat sasaran untuk mencegah kelangkaan,” terangnya. (yud)