Wagub Dampingi Kunker Komisi IV DPR RI ke Food Estate di Pulpis

WhatsApp Image 2023 09 02 at 6.42.57 PM

, – Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah (Kalteng), H. mewakili Pemprov Kalteng bersama Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan spesifik ke kawasan Program Strategis (PSN) di Kabupaten .

Wagub juga didampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Kalteng, Sunarti, Kepala OPD lainnya serta Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Jumat (1/9/2023).

Tim Kunker Spesifik Komisi IV DPR RI ke Kalteng kali ini dipimpin oleh Djarot Saiful Hidayat dan diikuti oleh 12 orang anggota yang salah satunya dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng, yakni Bambang Purwanto.

Di lokasi tersebut, Tim Kunker Spesifik Komisi IV DPR RI melakukan peninjauan dan sekaligus menggelar pertemuan dengan sejumlah instansi terkait di antaranya Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau.

Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo mengatakan, food estate atau lumbung pangan merupakan salah satu Program Strategis Nasional 2020-2024 guna membangun lumbung pangan nasional.

Program food estate dikembangkan di sejumlah daerah yaitu Sumatera Utara, Kalimantan Tengah, Sumatera Selatan, dan Nusa Tenggara Timur.

Food Estate di Kalteng merupakan salah satu Program Strategis Nasional yang mendapat perhatian dan dipantau perkembangannya baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

“Secara bertahap juga dibangun sarana produksi dan infrastruktur pendukung, seperti RMU tadi, embung, dan irigasi,” jelas Edy Pratowo.

Food estate sendiri merupakan istilah dari kegiatan usaha budi daya tanaman skala luas dengan konsep sebagai sistem industrial yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek), modal, serta organisasi dan manajemen modern. (asp)