Dorong Program Peningkatan SDM

, KUALA PEMBUANG – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () , Zuli Eko Prasetyo mendorong pemerintah daerah setempat untuk memberikan program yang sifatnya meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

“Saya mendorong pemerintah daerah melalui instansi terkaitnya untuk memberikan program-program kepada masyarakat guna meningkatkan kualitas SDM, khususnya bagi putra-putri daerah,” katanya.

Dia mengungkapkan, bahwa antara dan kesiapan SDM itu harus seimbang, oleh karena itu pemerintah perlu mempersiapkannya sedini mungkin. “Ini juga untuk mengisi kekosongan tenaga kerja teknis daerah dan sebagainya, serta memberikan peluang bagi masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan,” imbuhnya.

Terkait hal itu, Politikus itu juga menyarankan agar dalam program peningkatan kualitas SDM, hendaknya pemerintah daerah melibatkan peran investor yang ada di daerah setempat, misalnya perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang perusahaan dan sebagainya.

“Itu salah satu contoh, siapkan pelatihan kerja misalnya yang mengarah di bidang perkebunan tersebut, sehingga nantinya masyarakat yang ikut serta dalam pelatihan itu bisa menjadi tenaga yang profesional,” tuturnya.

Menurutnya, kabupaten yang berjuluk Bumi Gawi Hatantiring ini memiliki cukup banyak sumber daya alam, namun masih belum terkelola secara maksimal. Oleh karena itu, harus menjadi perhatian khusus pemerintah daerah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana caranya memanfaatkan potensi yang ada sebagai sumber penghasilan.

“Dan untuk mengelola SDA itu perlu dukungan oleh SDM yang mempuni, dan untuk mewujudkan maka penting agar adanya program-program peningkatan SDM itu,” pungkasnya. (Jib)