DPRD Seruyan Gelar Paripurna Pembentukan Fraksi-Fraksi

, KUALA PEMBUANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () Seruyan menggelar rapat paripurna dengan agenda pembentukan fraksi-fraksi DPRD Seruyan, bertempat di Gedung Paripurna DPRD setempat, Senin (7/10/2024).

Rapat paripurna tersebut dipimpin langsung oleh ketua sementara DPRD Seruyan, Zuli Eko Prasetyo dan dihadiri sejumlah anggota DPRD Seruyan. Turut hadir Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah () dan perwakilan Satuan Organisasi Perangkat Daerah () di   Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan.

“Hari ini kita melaksanakan rapat paripurna untuk pengumuman fraksi-fraksi DPRD Seruyan, fraksi-fraksi ini merupakan rohnya dari DPRD sebagai lembaga legislatif,” kata Zuli Eko Prasetyo usai rapat.

Menurutnya, kebijakan-kebijakan yang diambil oleh lembaga DPRD Seruyan juga tidak lepas dari arah masing-masing fraksi. Maka dari pembentukan fraksi ini sangat penting untuk dilaksanakan.

Adapun berdasarkan pengumuman terkait fraksi-fraksi DPRD Seruyan yang dibacakan oleh perwakilan sekretaris DPRD Seruyan disebutkan ada lima fraksi DPRD Seruyan yang telah dibentuk. Kelima fraksi tersebut diantaranya, fraksi PDI Perjuangan, fraksi , fraksi Keadilan Pembangunan Demokrasi , fraksi PAN dan terakhir fraksi Gerakan Indonesia Raya Adil Sejahtera.

Fraksi-fraksi DPRD ini memiliki beberapa tugas penting sebagai berikut yaitu diantaranya menentukan dan mengatur segala hal yang berkaitan dengan eksistensi fraksi, meningkatkan kualitas, kemampuan, efisiensi, dan efektivitas kerja anggota fraksi, memberikan pertimbangan kepada pimpinan DPRD mengenai hal-hal yang perlu, berkenaan dengan bidang tugas DPRD dan beberapa tugas penting lainnya. (Jib)