Era Digital, Pentingnya Pengawasan Orang Tua Terhadap Pergaulan Anak

Whatsapp Image 2023 09 23 At 3.13.52 Pm
Tri Wahyuni

, – Anggota DPRD () mengingatkan peran penting orang tua di zaman digital, pentingnya pengawasan orang tua dalam mengawasi pergaulan anak.

“Banyak kejadian atau kasus akibat pergaulan anak yang salah, sehingga melakukan tindak pidana melawan ,” kata Legislator Barsel, Wahyuni, Sabtu (23/9/2023).

Dia mengatakan, kurangnya pengawasan terhadap pergaulan di luar rumah, tidak sedikit anak-anak yang terlibat penyalahgunaan , seks bebas dan lainnya, yang justru merugikan masa depan anak itu sendiri.

Apalagi, sambung dia, di era digital saat ini, orang tua juga diingatkan akan selalu memberikan bimbingan dan pengawasan terhadap penggunaan Medsos kepada anak-anaknya, seperti facebook, instagram dan lainnya. Sebab, kurangnya pemahaman dan ketidaktahuan anak, tidak sedikit yang sudah berurusan dengan pihak Kepolisian.

“Masih banyak yang tidak paham, mereka asal meng-unggah status, gambar dan video. Padahal, saat ini sudah diberlakukan UU ITE,” tandas dia.

Dia menambahkan, untuk mengantisipasinya pentingnya dilakukan pengawasan dan diberikan pemahaman serta pengertian, agar bergaul dengan baik, dan tidak melakukan perbuatan negatif yang dilarang hukum, norma dan agama.

Bekali anak-anak dengan , baik pendidikan formal dan non formal. Terlebih pendidikan agama untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Insya Allah, dengan bekal pendidikan yang cukup, dan selalu diberikan pendampingan dan pengawasan, anak-anak kita dapat bergaul dengan hal positif, sehingga dapat menatap massa depannya dengan baik,” pungkasnya. (lam)